Home Daerah Perahu Motor Penyeberangan Palmerah Nyaris Tenggelam

Perahu Motor Penyeberangan Palmerah Nyaris Tenggelam

1297
0
SHARE

LARANTUKA, Terasntt.com — Sebuah perahu motor berkapasitas kecil yang melayani penyeberangan Pante Palo, Larantuka – Tanah Merah, Adonara (Palmerah), nyaris tenggelam, Jumat (12/5/2017) pukul 18.00 wita. Baling – baling perahu motor ini terlepas dari kemudi hingga terombang – ambing di selat Gonsalu sebelum ditolong perahu motor lain.

Kejadian ini bermula ketika baling – baling perahu motor tersebut terlepas dari kemudi.

Perahu motot ini memuat beban satu buah sepeda motor, beberapa karung besar berisi barang – barang dan 20 penumpang, perahu motor tersebut mengapung di selat Gonsalu selama kurang lebih 15 menit sebelum dibantu perahu motor lain.

Di antara penumpang tersebut ada dua orang anak kecil dan seorang ibu hamil.

Ida, salah satu penumpang perahu tersebut tampak mengamuk dan marah-marah sesaat setelah perahu motor tersebut berhasil dievakuasi kembali menuju Pelabuhan Penyebrangan Pantai Palo.

Ia mengatakan nakoda perahu tersebut keras kepala ketika ditegur oleh penumpang karena memuat beban yang sangat besar dan melebihi kapasitas.

” Yang bawa motor ini sudah diingatkan dan kami tegur saat dia memuat begitu banyak beban. Bayangkan, penumpang yang dimuat sudah dua puluh orang tapi dia masih kasih masuk karung-karung yang banyak dan berat – berat,” kata Ida dengan nada tinggi.

Ia menuturkan, sebelumnya, di tengah kondisi arus yang sangat kuat dan gelombang yang tinggi, juru mudi kapal tersebut nekad memuat dua buah sepeda motor tetapi beruntung ditegur keras oleh beberapa penumpang.

” Ini muatan sudah penuh dua puluh orang penumpang, dia masih nekad kasih masuk lagi dua motor. Kami kasitau dia, tapi dia bilang tidak apa-apa ibu. Langsung beberapa penumpang marah baru dia tidak kasih masuk itu motor,” lanjut Ida.

Salah seorang petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Flores Timur di pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Pantai Palo, ketika dimintai keterangan keesokan harinya mengatakan kapal motor tersebut hanya mengalami insiden kecil putus tali. Tetapi menurutnya masalah tersebut sudah bisa diatasi berkat bantuan teman-teman pengemudi perahu motor yang lain.

” Ohhh… cuma putus tali kemudi saja. dan sekarang pemilik perahunya sudah memperbaiki . Dia sudah pergi dan mengelas baling – balingnya,” ujar petugas yang tidak mau disebutkan namanya.(aag)

Berikan Komentar Anda.