Home Humaniora Penyandang Disabilitas Perlu Diberdayakan

Penyandang Disabilitas Perlu Diberdayakan

662
0
SHARE

KUPANG, Terasntt.com — Ketua Perkumpulan Tuna Daksa Kristiani (Persani) Nusa Tenggara Timur, Serafina Bete mengatakan, bahwa penyandang Disabilitas perlu diberdayakan. Mereka juga memilikiĀ  keterampilan sehingga perlu mendapat pekerjaan yang layak.

” Sudah seharusnya para penyandang disabilitas diberdayakan melalui kerja yang layak. Sebab, distabilitas juga punya keterampilan yang bisa diandalkan,” ujar Bete, di Kupang, Jumad (27/1/2017).

Menurut Bete, dirinya bersyukur karena Indonesia telah memiliki Undang – Undang khusus sebagai landasan memperjuangkan hak penyandang disabilitas.

Ia mengatakan, Perkumpulan Tuna Daksa Kristiani Nusa Tenggara Timur telah berkarya selama tujuh tahun, namunĀ  belum mendapatkan ruang untuk mengakses di semua bidang.

Hal ini disebabkan karena sikap diskriminasi dan stigma masih tinggi di Nusa Tenggara Timur khususnya dan Indonesia pada umumnya sehingga masih ada anggapan distabilitas.

” Untuk itu, dengan hadirnya Undang – Undang ini, kami merasa bersyukur, sebab hal ini akan menjadi landasan kami untuk memperjuangkan hak mereka,” tegasnya.

Sebelumnya, Kabid sosial budaya Bappeda Kota Kupang, Agus Haki mengatakan bahwa permasalahan penyandang distabilitas harus diselesaikan secara lintas sektor, bukan hanya menjadi tanggung jawan Dinas Sosial. Karena ini sesuai dengan Undang – Undang Nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.(raf)

Berikan Komentar Anda.