Home Nasional Penulis Buku Ahok Sang Pemimpin “Bajingan” Kembali Terbitkan Buku Dialog Bahasa...

Penulis Buku Ahok Sang Pemimpin “Bajingan” Kembali Terbitkan Buku Dialog Bahasa Inggris Praktis

2417
0
SHARE

JAKARTA, Terasntt.com — Penulis buku Ahok Sang Pemimpin “Bajingan”, Maksimus Ramses Lalongkoe, kembali menulis dan menerbitkan sebuah buku berjudul An English Conversation Book On Tourism Destinations In West Manggarai (Buku Percakapan Bahasa Inggris Tentang Tujuan Wisata Manggarai Barat).

Buku setebal 120 halaman itu dibubuhi kata pengangar oleh Guru Besar Sastra Inggris Universitas Nusa Cendana Kupang, Prof. Drs. Tan Feliks, M.Ed, Ph.D.

Saat ditemui di Jakarta, Senin (2/1/2017), pria yang biasa disapa Ramses itu mengatakan, selama ini banyak referensi tentang wisata di daerah khususnya di kabupaten Manggarai Barat (Mabar).
Namun referensi – referensi itu dalam bentuk deskriptif tidak dalam bentuk dialog atau percakapan secara langsung.

Penjelasan – penjelasan yang berbentuk deskriptif itu diubahnya ke dalam bentuk dialog sehingga memudahkan pihak-pihak yang ingin mempelajari bahasa inggris praktis.

Sebagai contoh kata Ramses, cerita soal tarian perang caci. Selama ini cerita atau deskripsi tentang caci banyak ditemukan diberbagai fasilitas baik melalui media konvensional maupun digital. Deskripsi ini diubah dalam bentuk dialog, ada yang bertanya dan ada yang menjawab, misalnya, kenapa hanya kaum laki-laki yang ikut bertarung dalam tarian caci?

“Saya belum temukan buku yang isinya dialog langsung tentang wisata-wisata di daerah. Selama ini ada banyak referensi tapi dalam bentuk deskriptif tidak dalam bentuk dialog. Nah untuk memudahkan orang pelajari bahasa Inggris praktis saya ubah deskriptif itu dalam bentuk dialog sehingga bisa orang pelajari,” ucap Ramses.

Lebih lanjut Ia mengatakan, buku percakapan bahasa Inggris tentang tujuan wisata Manggarai Barat ini dapat dijadikan materi atau referensi muatan lokal para pelajar SMP dan SMA.

Selain itu juga dapat digunakan masyarakat umum karena dialognya bersisi praktis serta mudah dipahami.

Ia menambahkan, buku ini tidak saja berisi tentang dialog tapi juga banyak mengajar nilai-nilai bagaimana menjadi pemandu wisatawan yang baik sehingga memberi kenyamanan bagi para wisatawan yang mengunjungi Manggarai Barat, ucap Ramses yang telah menulis banyak buku ini.

Secara terpisah salah satu editor buku ini, Leonard Embo mengatakan rencananya buku ini akan diluncurkan di Labuan Bajo Manggarai Barat awal tahun 2017 ini. Dan harapannya pemerintah daerah Manggarai Barat merespons segala upaya masyarakat Mabar dalam memajukan Mabar melalui berbagai cara termasuk karya-karya ilmiah.

Maksimus Ramses Lalongkoe sebelumnya telah menulis sejumlah judul buku diantaranya, Ahok Sang Pemimpin “Bajingan”, Sang Heroik NTT, Therapeutic Communication, Komunikasi Keperawatan, Meretas Jalan Hidup, Ketika Nurani Membaca Tanda Zaman, dan Menembus Batas.(mas)

Berikan Komentar Anda.