oleh

Pengungsi Bencana Ende Berangsur Pulang

Kupang, teras-ntt.com — Dampak badai teropis Seroja, 4 April 2021 lalu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, selain ratusan rumah rusak juga sebanyak 42 orang warga diungsikan. Sebagian besar pengungsi ini mulai pulang ke untuk memperbaiki rumah sekaligus menempatinya.

” Saya mendapat data dari Sekretaris BNPB Ida Mite, sebanyak  42 orang warga yang mengungsi saat diterjang badai seroja. Sebagian sebagian dari mereka sudah balik ke rumah masing – masing dan berupaya memperbaiki rumah seadanya agar bisa tinggal kembali. Sementara ada dua kk yang masih tinggal di rumah keluarga, yakni satu kk terdiri dari 4 orang tinggal di Kecamatan Ende Selatan sedangkan satu kk lain dengan jumlah jiwa satu orang di Ende Tengah,” kata anggota DPRD Ende Maria Margaretha Sigasare melalui pesan WhatsApp kepada wartawan di Kupang, Kamis (22/4/2021).

Untuk itu ketua Fraksi Golkar ini 

meminta perhatian pemerintah agar terus memperhatikan keluarga yang masih mengungsi untuk segera mendapatkan bantuan rumah layak huni. Atau setidaknya mereka bisa kembali tinggal di rumahnya dengan nyaman dan aman.

” Kami berharap kepada para camat di wilayah rawan bencana untuk mengimbau warganya agar senantiasa waspada dan meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya banjir atau longsor atau sejenisnya.

Dan disarankan membentuk desa tangguh bencana banjir maupun longsor, juga melakukan pemetaan daerah rawan bencana, menyiapkan sumber daya kebencanaan, membuat arah jalur evakuasi dan lainnya  di masing – masing desa yang berpotensi adanya ancaman banjir maupun tanah longsor,” tandasnya.(mas)

Komentar