by

Penggunaan Dana Kampanye Sahabat & FirmanMU Terpaut Rp 190 Juta

KUPANG, Terasntt.com — Laporan hasil penggunaan dana kampanye paket “Sahabat dan FirmanMU” telah diterima KPU Kota Kupang. Pasangan Jonas Salean – Niko Frans dengan bertagline “Sahabat” menghabiskan dana kampanye sebesar Rp 820.400.000 sementara Jefry Riwoe Koreh – Hermanus Man yang bertagline ” FirmanMU” sebesar Rp 630.218.700, terpaut Rp 190.181.300,.

Demikian disampaikan anggota KPU, Deky Ballo di Sekretariat KPU setempat, Senin (13/2/2017).

Menurutnya, penyerahan laporan penggunaan dana kampanye tersebut sesuai regulasi KPU. Dan deadline waktu penyerahan hingga hari Minggu (12/2/2017) pukul 18.00 wita.

“Sesuai regulasi, penyerahan laporan penggunaan dana kampanye paling lambat hari minggu pukul 18.00. Dan kedua paket telah selesai melakukanya,” ujar Ballo.

Ballo mengatakan, paket “Sahabat” menyerahkan laporannya pada pukul 11.34 wita sementara “FirmanMu” berlangsung sekitar pukul 16.40 wita.

Menurutnya, biaya tersebut, digunakan kedua Pasangan Calon saat masa kampanye termasuk biaya barang dan jasa.

” Laporan ini adalah gabungan, mulai dari awal sampai akhir kampanye, mulai dari penyerahan tahap pertama,  tahap kedua hingga tahap terakhir kemarin,” ujarnya.

Deky Ballo mengatakan, besaran biaya kampaye tersebut lebih banyak menggunakan dana pribadi dari masing-masing calon. Sedangkan para pendukung menyumbang dalam bentuk jasa, yang kemudian dikonfersikan menjadi rupiah. Paket “Sahabat” mendapat sumbangan lebih banyak dari pendukung, sekitar 400an Juta. Sementara dari Partai pendukung  hampir tidak.

” Hampir tidak ada Partai Politik yang menyumbang dana kampanye, lebih banyak uang pribadi dari masing – masing pasangan calon,” ujarnya. (raf)

Comment

Berita Terbaru