Home Daerah Penerima PKH Di Enonapi Dibekali Benih Hortikultura

Penerima PKH Di Enonapi Dibekali Benih Hortikultura

220
0
SHARE

Foto bersama kades dan penerima PKH serta bibit hortikultura (foto erik sanu)

Soe, teras-ntt.com — Para penerima dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Enonapi, Kecamatan Ki’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dibekali benih tanaman Hortikultura. Ada sembilan kelompok penerima dana PKH dan masing – masing kelompok terdiri dari 25 – 50 anggota.

Para penerima PKH ini mendapat sembilan jenis bibit hortikultura untuk ditanam pada lahan masing – masing seluas satu hektar.

” Ada bibit sayur putih, tomat, kumbang, paria, kacang panjang, terung, cabai, kol.
Setiap kelompok wajib menanam pada lahan seluas satu hektar dan jika masih ada sisa benih bisa ditanam pada poliback,” kata Kepala Desa Enonapi, Arni Boymau kepada wartawan saat memantau anggota kelompok menanam bibit bantuan dimaksud, Minggu (2/2/2020).

Anggota kelompok ini terdiri dari penerima dana bantuan PKH juga rumah tangga yang terkena Stunting, lanjutnya.

Menurutnya, pola yang digunakan tersebut bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar jangan tergantung pada bantuan pemerintah semata tetapi juga harus menanam sayuran untuk meningkatkan gizi keluarga agar bisa mengurangi angka Stunting.

Menurutnya bibit hortikultura tesebut dianggarkan dari dana desa tahun 2019 sebesar Rp 9.450.000.

” Saya lihat semangat anggota sangat tinggi karena bibit sudah tersedia sehingga mereka seakan berlomba lomba untuk menanam,” katanya.

Menurutnya selain karena saat ini musim hujan juga melalui program Pamsimas Desa Enonapi susah mendapatkan air bersih dan mulai melakukan instalasi jaringan untuk menjangkau seluruh warga desa.

” Semoga masyarakat memanfaatkan dengan baik benih maupun curah hujan, juga saat musim panas bisa menanam sayuran untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” ujarnya.

Sementara salah satu kelompok yang dikoordinor Yuliana Soinbala saat diwawancarai mengaku senang dimodali bibit sayuran oleh kepala desa melalui dana desa yang artinya mereka memperoleh bantuan dobel melalui PKH maupun dana desa. Karena itu ia mengajak semua anggota kelompok agar tidak menyia – nyiakan bibit tersebut.

” Kita tinggal kerja, karena semua sudah tersedia. Ini motivasi bagi semua warga agar jangan malas tapi harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan sehingga tidak dikatakan miskin, kelaparan dan tertinggal,” ujarnya.(sys)

Berikan Komentar Anda.