Home Ekbis Penerima Dana PEM Ikut Pelatihan Produksi

Penerima Dana PEM Ikut Pelatihan Produksi

810
0
SHARE
Foto : Herman Henuk

KUPANG, Terasntt.com — Sebanyak 300 peserta penerima dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) dari berbagai kelurahan se Kota Kupang mengikuti pelatihan tentang produk dan kemasan. Kegiatan yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Kupang guna meningkatkan hasil usaha peserta.

” Kita Pemkot Kupang akan terus mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga melalui pelatihan produk dan kemasan agar mampu bersaing secara ekonomi dengan yang ada di swalayan atau tempat usaha lainnya,” Walikota Kupang Jonas Salean dalam sambutannya yang dibacakan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Kupang, Djama Milamiha saat membuka pelatihan tersebut di Hotel Pelangi, Senin (13/6/2016).

Djama Milamiha mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang terus mendorong peningkatan ekonomi bagi masyarakat penerima dana PEM, melalui pelatihan untuk peningkatan kapasitas produksi dan kemasan baik berupa makanan olahan agar tidak kalah saing dengan yang ada di swalayan dan tempat usaha lainnya.
Ia juga meminta, agar perguliran dana PEM yang masih tertunda perlu diperhatikan secara baik agar pemanfaatannya berguna bagi pengembangan ekonomi masyarakat Kota Kupang.

” Jangan gunakan dana PEM untuk pesta atau kegiatan yang tidak bernilai ekonomis, jangan juga seperti pak Walikota seringa istilahkan masyarakat lupa bayar. Pergulirannya perlu dikontrol. Pada intinya dana PEM harus digunakan seefektif mungkin untuk pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat Kota Kupang, walaupun dana hibah tetapi hibahnya kepada LPM dimasing-masing Kelurahan untuk dikelola bagi masyarakat yang membutuhkan pemberdayaan ekonomi yamg sama,” tegasnya.
Sementara Kepala BPM Kota Kupang Felisberto Amaral kepada wartawan menjelaskan, bahwa sebanyak tiga ratus peserta pelaku usaha ekonomi yang mengikuti pelatihan tersebut, dan dana yang bergulir hingga saat ini mencapai Rp 48 milyar lebih.

Menurutnya, dana PEM perlu digulirkan agar geliat ekonomi masyarakat semakin bertumbuh dan terus meningkat.

” Ada 300 peserta ikut pelatihan produk dan kemasan ini, dan mereka semua penerima dana PEM telah mampu mengembangkan usaha ekonominya. Total perguliran dana PEM Rp 48 M lebih. Kita harapkan masyarakat akan semakin mampu mengembangkan usaha ekonominya,” kata Amaral.

Ketua panitia pelaksana, Imelda Manafe dalam laporannya, mengatakan tujuan kegiatan pelatihan tersebut berpatokan pada tiga kunci sukses yaitu sukses penyaluran, sukses usaha dan sukses pengembalian.
” Sukses penyaluran tahap l sebesar Rp 14 M lebih dari total Rp 15 M, tahap ll sebesar Rp 10 M lebih. Dan sukses mencapai 67 persen, hingga pelaku usaha dana PEM mengalami peningkatan usaha ekonominya, dan sukses pengembalian sebesara Rp 93,27 persen atau sekitar Rp 13 M lebih,” ujarnya.(Her( (her)

Berikan Komentar Anda.