oleh

Penembak di Kampus Umpqua AS Sempat Tanya Agama Para Korban

Roseburg, CNN Indonesia — Remaja pria 20 tahun pelaku penembakan di kelas kampus Umpqua Community College, Roseburg, Oregon, AS, pada Kamis (1/10), sempat berteriak menanyakan agama para korban sebelum menarik pelatuk pistolnya.

Menurut saksi yang juga seorang mahasiswa di kampus tersebut, Kortney Moore, 18 tahun, penembak sempat meminta orang di sekitarnya untuk berdiri dan menyatakan agama mereka. Setelah itu pelaku melepas tembakan.

Kepada suratkabar News-Review, Moore mengatakan penembakan terjadi di sebuah ruang kelas yang disebut Snyder Hall. Ia melihat pelaku menembak kepala seorang guru.

Laporan CNN mewartakan sejauh ini ada 10 orang tewas dan 20 orang terluka.
Mahasiswa lain yang sedang berada di kampus adalah Courtney Rennie, 23 tahun. Kepada NBC News, Moore berkisah, ketika insiden terjadi ia sedang berjalan ke sebuah kelas dan mendengar suara yang terdengar seperti knalpot mobil.

“Anda bahkan tidak berpikir seseorang menembak dengan pistol,” ujarnya. Dan tak lama setelah itu ia mendengar orang-orang berlarian dan berteriak.

Sejauh ini otoritas setempat belum mengungkap identitas pelaku penembakan.

Menurut Sheriff Douglas County, John Hanlin, pelaku akhirnya tewas setelah baku tembak dengan aparat. Penegak hukum mengatakan kepada CNN bahwa ada empat senjata ditemukan dan diyakini milik pelaku di tempat kejadian perkara.

“Ini merupakan hari yang mengerikan,” kata Hanlin. Ia menegaskan tak ada petugas polisi yang terluka dan ditekankan saat ini pihak berwenang masih melakukan penyelidikan.

Penyidik turut memeriksa akun media sosial pelaku penembakan. Malam sebelum serangan ini, pelaku tampaknya telah melakukan percakapan secara online dengan orang lain dan mengungkapkan niatnya untuk melakukan serangan.

Gubernur Oregon Kate Brown, menyatakan duka mendalam kepada keluarga korban. “Prioritas utama kamu sekarang adalah perawatan medis para korban dan keamanan di kampus,” tutur Brown.

Roseburg merupakan kota dengan populasi 22 ribu jiwa yang terletak sekitar 112 kilometer selatan dari Eugene, Oregon, dan sekitar 289 kilometer dari selatan Portland.

Umpqua Community College, didirikan pada 1964, menampung sekitar 13.600 mahasiswa pada 2013-2014. Hanya 740 mahasiswa yang belajar penuh waktu di sana, sementara 2.437 belajar paruh waktu.(CNN)

Komentar