by

Pemkot Kupang Bebaskan Biaya IMB Bagi KK Miskin

KUPANG, Terasntt.com — Salah satu cara untuk mensejahterakan masyarakat Kota Kupang yang berpengahasilan rendah adalah membesakan biaya Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Program ini sudah berjalan sejak tahun 2014 berdasarkan pemohonan KK miskin atau peserta program.

” Sudah ada 5.531 pemohon selaku peserta program penerima beras miskin (raksin), Program Keluarga Harapan (PKH) dan program lainnya. Saratnya ketika mengajukan permohonan IMB, masyarakat cukup membawa surat keterangan keluarga miskin dari lurah dilengkapi kartu kepersertaan yang dilegalisir dan selanjutnya menyerahkan ke badan perizinan. Semua berkas disertai dengan aslinya,” kata Kepala Badan Perijinan Kota Kupang, Nocenus Loa saat dihubungi melalui ponselnya, Kamis (8/9/2019) siang.

Menurutnya, pengurusan IMB tanpa biaya ini diprioritaskan bagi peserta progran yang sudah mengajukan permohonan. Dan selanjutnya akan menjadi program tetap Pemkot Kupang untuk memberikan kesempatan kepada KK miskin memiliki rumah layak huni.

” IMB merupakan program Dinas Tata Kota yang sudah berjalan sejak 2014 dan ditargetkan ke 5.531 pemohon harus tuntas dan diselanjutnya akan dijadikan sebagai program rutin,” katanya.

Menurutnya, program bebas biaya IMB tersebut sesuai dengan harapan masyarakat sehingga, Walikota mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor : 18 A 2014, sebagaimana telah dirubah dengan Perwali Nomor : 11 tahun 2016 sebagai payung hukum untuk menjawab kebutuhan masyarakat dimaksud.(mas)

Comment

Berita Terbaru