oleh

Pemkab Kupang Mulai salurkan Dana Desa

OELAMASI, Terasntt.com – Sejak pertengahan September 2015 lalu, Pemerintah Kabupaten Kupang mulai menyalurkan alokasi dana desa pada 160 desa yang ada di Kabupaten Kupang.
Kepala Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Paulus A. Daud kepada wartawan di Kantor Desa Oebelo, Rabu (23/9/2015) petang mengungkapkan, khusus desa Oebelo dana tersebut telah masuk ke rekening desak sejak pekan kemarin.
“Alokasi dana desa tahap satu, 40 persennya sudah masuk di rekening milik desa,sejak minggu lalu,” ujarnya.
Sesuai petunjuk teknis (juknis) kata dia, pencairan dana tersebut baru dapat dilakukan setelah mendapat pengajuan permintaan penggunaan dana dari Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa.
“Sesuai dengan petunjuk yang kami peroleh, sebelum diambil terlebih dahulu harus ada permintaan penggunaan dana dari TPK Desa,” katanya.
Sesuai perencanaan di tingkat desa tambahnya, dana itu nantinya selain digunakan untuk operasional juga dimanfaatkan untuk membangun pagar kantor desa sepanjang 80,4 meter serta pembuatan jalan lapen sepanjang 240 meter yang melintasi wilayah dusun satu hingga dusun tiga.
“Karena biaya yang dibutuhkan untuk dua pekerjaan fisik itu nilainya di atas Rp100 juta maka sesuai petunjuk, harus dikerjakan oleh pihak ketiga,”terangnya.
Untuk mendapatkan kualitas yang baik dari pekerjaan tersebut lanjutnya, pemerintah desa bersama seluruh warga di desa itu akan mengawasinya secara ketat sehingga dana tersebut terhindar dari penyimpangan dan pemanfaatnnya tepat sasaran.(bet)

Komentar