Home Humaniora Pemda TTS Dukung Penuh Program Putri Pesona Wajah Indonesia

Pemda TTS Dukung Penuh Program Putri Pesona Wajah Indonesia

1451
0
SHARE

SOE, Terasntt.com — Permerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) siap mendukung program kerja Putri Pesona Wajah Indonesia asal NTT, Christina Bernada Kewa. Dukungan tersebut akan dituangkan dalam bentuk kerjasama tahun 2017.

Demikian kata Wakil Bupati TTS, Obed Naitboho saat beraudiens dengan Juara Favorit Putri Pesona Wajah Indonesia di ruang kerjanya, Kamis (12/1/2017).

Didampingi Asisten I, Maxi Oematan, Asisten II Epy Tahun, Kadis Pariwisata Yan Banoet, Kadis Perindakop Frits Tobo dan Kadis PPO Edizon Sipa serta para kabid, Naitboho menyampaikan rasa terima kasih kepada Putri Pesona Wajah Indonesia yang mau berkunjung ke TTS untuk melihat dari dekat daerah yang begelimang potensi.

” Kunjungan nona Chistin Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami dan masyarakat TTS. Selama ini kami hanya menyaksikan ajang pemilihan Putri Pariwisata atau Duta Wisata, juga Putri Pesona Wajah Indonesia di TV. Hari kami mendapat kunjungan kehormatan yang pertama kali. Kami siap mendukung penuh program yang ditawarkan dalam rangka mempromosikan obyek wisata, seni dan budaya serta pendidikan. Kami akan membahas lebih lanjut terkait kerjasama dan bentuk dukungan ini,” kata Naitboho.

Pada kesempatan itu, Naiboho juga sedikit menggambarkan pontensi daerah, bahwa
TTS memiliki banyak obyek wisata dan seni budaya yang tidak kalah menarik dengan daerah lain.

” Ada 101 panjang pantai menarik untuk dipromosikan, antara lain pantai Oetune yang berjarak 60 km, pasirnya putih dan gulungan ombak yang menarik. Juga Kolbano selain menjadi obyek wisata juga sebagai wisata tambang. Dan dari tahun ke tahun pemerintah terus mempromosikannya. Ada juga Bonsai Alam di Fatumnasi, Fatu Nausus juga memiliki gua yang bisa dinikmati dan juga potensi air terjun Oehala, taman buat serta Boti. Kami juga memberikan kepercayaan kepada Putri Pesona Wajah Indonesia untuk mempromosikannya keluar daerah,” katanya.

Ia juga meminta, agar setiap kegiatan yang berbau promosi bagi daerah TTS, harus melibatkan Putri Pesona Wajah Indonesia baik sebagai motivator, juga sebagai Juri dalam ajang lomba.

Sementara tenun ikat, lanjutnya TTS memiliki 118 motif dan 30 sudah menjadi hak paten yang tidak boleh ditiru daerah lain.

Demikian juga lanjut Epy Tahun, bahwa yang paling banyak dikunjungi turis manca negara adalah obyek wisata budaya suku Boti.

” Kalau bisa perlu dikunjungi dan promosikan,” katanya.

Kadis Pariwisata Yan Banoet menambahkan, bahwa suku Boti merupakan  benteng tradisi orang Timor dan memiliki kalender khusus yang terurai dalam 9 hari kerja termasuk hari anak.

” Kita mengenal 7 hari yakni Minggu – Senin. Kalau Suku Boti ada 9 hari dan setiap hari memiliki makna berbeda. Dan untuk menjangkau Boti memang sedikit terkendala pada infrastruktur. Jika semua sudah tertata dengan baik saya pikir Boti menjadi Icon TTS,” katanya.

Chistin Kewa didampingi Sekretaris AMP TTS, Yoksan Benu dan rombongan tampak terharu mendapat sambutan yang luar biasa dari pemerintah setempat.

Ia dengan bangga manyampaikan rasa syukur karena diterima dengan suka cita  dan menyatakan siap mendukung Pemerintah Daerah mempromosikan semua keunggulan TTS baik di ajang Nasional maupun Internasional.

” Kedatangan saya kesini untuk beraudiens dengan pimpinan di daerah ini sekalugus membangun kerjasama mempromosikan keunggulan daerah. Banyak obyek wisata yang tak kalah menarik dengan daerah lain di Indonesia. Juga motif tenun ikatnya sangat bagus dan diminati banyak orang di luar daerah. Jujur saya bangga ketika kegiatan Hari Nusantara di Lembata saya mengenakan motif daerah termasuk TTS. Saya rasa menarik dan bagus untuk dipormosikan lebih lanjut ke kanca nasional maupun internasional,” katanya.(mas)

Berikan Komentar Anda.