oleh

Pelantikan Wabup Ende, Berpotensi Batal

Kupang, teras-ntt.com — Mengutip pernyataan Ketua DPRD Ende, Fransiskus Taso kepada pers beberapa hari lalu, pelantikan Wakil Bupati Ende terpilih Erik Rede, direncanakan besok, Minggu (5/12/2021). Namun rencana pelantikan itu berpotensi batal karena
hingga petang hari ini, Sabtu (4/12), SK penetapan oleh Mendagri RI belum juga turun.

” Belum ada, tidak tahu ama karena sampai saat ini SK belum ada,” kata Kata Karo Tatapem Setda Provinsi NTT, Doris Rihi singkat lewat pesan WhatsApp kepada teras-ntt.com, Sabtu (4/12/2021).

Pada tempat berbeda Ketua Fraksi Golkar Ende, Maria Margaretha alias Megy Sigasare Sabtu siang juga membenarkan SK penetapan Wabup Ende belum ada. “Jadwal rencana pelantikan pada Minggu besok, itu sesuai pernyatasn Ketua DPRD Ende”, jelas Megy.

Lanjut Megy, bahwa prosesnya sudah berlangsung dari DPRD melalui bupati, selanjutnya ke gubernur dan saat ini sudah di Mendagri. Namun ada syarat yang belum dilengkapi, yakni SK DPP 7 partai koalisi yang secara seragam menyebutkan dua nama calon, yakni Domi Mere dan Erik Rede.

“Memang terkait syarat pencalonan Panmil DPRD Kabupaten Ende hanya menerima berita acara kesepakatan dua nama tingkat kabupaten dari 7 partai koalisi paket Marsel – Djafar melalui bupati Ende, tanpa lampiran SK atau rekomendasi tingkat DPP. Bahkan tidak satupun daru 7 partai koalisi menyerahkan SK ataupun rekomendasi atas kesepakatan dalam berita acara koalisi mengusung dua nama sebagai lampiran baik tingkat kabupaten maupun pusat,” katanya.

Maka dari itu, lanjut Megy jika hari ini belum terbitnya SK Mendagri bisa jadi karena tidak adanya SK DPP dari partai koalisi. Untuk itu kami menyerahkan sepenuhnya kepada Mendagri untuk kelanjutan proses tersebut

” Kami mohon maaf karena proses tidak berjalan sesuai ketentuan khususnya persyaratan pencalonan di mana 2 calon wabup harus kantongi SK DPP dari 7 parpol koalisi MJ. Kami Partai Golkar menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Ende dan NTT karena tidak bisa kawal DPRD Ende dalam proses pemilihan wakil bupati Ende,” tandasnya.(mas)

Komentar