by

Pawai obor Paskah di Jayapura diikuti ribuan umat Kristen

Merdeka.com – Pawai obor Paskah yang berlangsung di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, diikuti ribuan umat Kristiani dari berbagai Gereja Kristen Injili (GKI). Kegiatan religi mengenang kebangkitan kematian Yesus Kristus itu dilakukan Minggu dinihari.

Dikutip dari Antara, di GKI Siloam Waena, Distrik Heram, Abepura, Kota Jayapura yang juga salah satu Klasis Sentani, menggelar pawai obor Paskah yang dimulai sejak pukul 03.00 WIT.

Pawai obor Paskah itu diikuti seribuan lebih warga jemaat GKI Siloam Waena. Rombongan pawai mulai star dari halaman gereja berjalan kaki mengikuti rute yang sudah ditentukan oleh pengurus gereja.

“Pawai obor Paskah merupakan acara religius jemaat Kristiani yang mengandung makna keimanan pengikut ajaran Yesus Kristus, dilakukan tiap tahun untuk memperingati kebangkitan kematian Yesus Kristus,” ujar Dawani Runggeari, salah satu warga jemaat Siloam Waena.

Peserta pawai obor terdiri dari anak-anak dan orang dewasa. Anak-anak sekolah minggu menempati posisi paling depan rombongan pawai obor.

Mereka memegang obor ditangan sambil menyanyikan lagu-lagu pujian rohani. Setelah anak-anak, di bagian tengah diikuti oleh para pemuda.

Selanjutnya, di bagian belakang rombongan pawai obor Paskah diikuti remaja dan orang dewasa. Remaja dan orang dewasa juga memegang obor.

Sebagian di antaranya memegang gitar dan tambur di tangan. Mereka berjalan sambil memainkan gitar dan menabuh tambur sambil menyanyikan lagu-lagu pujian rohani.

Setelah pawai obor Paskah, rombongan pawai obor jemaat Siloam Waena kembali ke gereja dan beribadah. Ibadah Paskah atau dikenal dengan ibadah fajar Paskah kebangkitan kematian Yesus Kristus berlangsung di halaman gereja.

Pawai obor Paskah juga dilakukan jemaat Eden Kopouw Waena dan jemaat Getsemani Waena. Rangkaian pawai obor Paskah dari beberapa jemaat ini berlangsung sejak pukul 03.00 WIT hingga pukul 05.00 WIT. Selanjutnya dilanjutkan dengan ibadah bersama. [cob]

Comment

Berita Terbaru