by

Pasar Modern Oesao Segera Dibangun

OELAMASI, Terasntt.com — ” Jika tidak ada halangan tanggal 27 Juli 2017 mulai dibangun Pasar Modern Oesao. Bangunan induk pasar berlantai dua ini terletak di Kelurahan Oesao, Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kina memasuki tahapan persiapan dan sosialisasi kepada para pedagang, pemilik lapak dan masyarakat,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kupang, Titus Anin di. Oesao, Rabu (5/7/2017).

Menurutnya, pasar modern yang akan dibangun di atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Kupang seluas 576 meter persegi ini terdiri dari dua lantai, yakni lantai satu khusus pembangunan 98 lapak berukuran 1,17 meter persegi, sementara di lantai dua akan dibangun 36 kios.

Pembangunan pasar modern ini menelan dana sebesar Rp 7 miliar yakni Rp 6,7 miliar pembangunan fisik dan sisanya Rp 300 juta untuk non fisik.

” Ya saat ini proses tender sedang berlangsung dan diharapkan selesai tanggal 22 Juli 2017 sehingga nantinya tanggal 27 Juli 2017 kita sudah mulai dengan pembangunan fisik,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya para pedagang dan masyarakat yang selama ini memiliki lapak di lokasi yang akan dibangun pasar modern agar segera mungkin membongkar lapaknya dan memindahkan pada lokasi sementara milik keluarga Daud Kore Ludji selama 5 bulan hingga selesai pembangunan pasar ini. Para pedagang pun tidak disediakan dana untuk ganti rugi relokasi.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Kupang Deasy Ballo – Foe mengatakan, pembangunan pasar modern ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan pedagang di pasar Oesao maupun masyarakat Kabupaten Kupang umumnya.

Dengan adanya pembangunan pasar modern ini pula diharapkan masyarakat tidak lagi berjualan di pinggir jalan Timor Raya yang nantinya akan menimbulkan kemacetan luar biasa bagi para pengguna jalan seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

Setelah selesai pembangunan pasar modern ini nantinya, pasar Oesao mesti menjadi pasar induk di Kabupaten Kupang sehingga para pedagang dari berbagai penjuru Kabupaten Kupang bahkan dari Kabupaten Timor Tengah Selatan tidak menjadikannya sebagai tempat transit saja menuju pasar yang ada di Kota Kupang dan masyarakat Kabupaten Kupang pun akhirnya lebih memilih berbelanja kesana ketimbang di Pasar Oesao. Padahal sebagian besar komoditi pasar di Kota Kupang di suplai dari wilayah Kabupaten Kupang.

” Kedepan kami akan melakukan langkah – langkah konkret menjadikan Pasar Oesao sebagai pasar induk sehingga masyarakat Kota Kupang yang datang belanja ke Oesao bukan sebaliknya,” Tegas Dessy.(mon)

Comment

Berita Terbaru