Home Ekbis Pantau Proses Kir Komisi III Datangi Dinas Perhubungan TTS

Pantau Proses Kir Komisi III Datangi Dinas Perhubungan TTS

132
0
SHARE

Komisi III DPRD  TTS memantau Proses Kir kendaraan pada Dinas Perhubungan TTS, Senin 13/1/2020 (foto erik sanu)

Soe, terasntt.com — Untuk mengetahui dari dekat proses kir kendaraan Komisi III DPRD TTS datangi Dinas Perhubungan setempat. Rombongan ketua komosi, Roy Babys, wakil ketua David Boymau bersama anggota Uria Kore dan Viktor Soinbala ini kerja diterima oleh Kepala dinas  Julius Taneo di ruang kerjanya, Senin (13/1/2020).

Pada kesempatan itu, Julius menjelaskan, bahwa saat ini Dinas Perhubungan sudah mengantongi akreditasi B untuk pengujian kendaraan bermotor dari Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI.

Bahkan pengujian kendaraan bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten TTS ini adalah terbaik se propinsi NTT.

” Untuk pengujian kir kita yang terbaik di NTT. Ini merupakan pengakuan dari pemerintah pusat,” ungkap Julius.

Tahun ini, Dinas  Perhubungan Kabupaten TTS berencana menerapkan Sistem Informasi Manajemen Pengujian Kendaraan Bermotor atau SIM PKB.

Dengan sistem semacam ini secara otomatis kendaraan pengujian sudah terkomputerisasi. Selain itu, buku kir akan diganti dengan kartu.

Untuk menerapakan sistem ini dibutuhkan anggaran senilai Rp 150 juta. Namun dalam APBD 2020 induk baru diakomodir Rp 90 juta.

” Anggaran memang masih kurang, tapi kita tetap coba jalan menerapkan SIM PKB. Nanti kalau masih kurang, kita coba minta tambah di perubahan,” jelasnya.

Darinpenjelasan tersebut, sontak Komisi III memberikan apresuasi dan  memuji keberhasilan Dinas  Perhubungan menjadi yang terbaik di Propinsi NTT dalam hal pengujian kendaraan bermotor.

Komisi siap mendukung dari sisi penganggaran untuk penerapan SIM PKB dalam pengujian kendaraan bermotor.

” Nanti di perubahan akan kita perjuangkan untuk tambah anggaranya agar SIM PKB bisa diterapkan di TTS tahun ini,” janji ketua komisi III, Roy Babys didukung anggota.

Pengujian kendaraan bermotor merupakan salah satu penghasil PAD untuk Pemda TTS. Oleh sebab itu komisi III siap mendukung penerapan SIM PKB di Dinas Perhubungan.

Apalagi, ada informasi kedepan lokasi pengujian untuk daratan Timor akan dipusatkan di Kabupaten TTS. Ini merupakan potensi untuk meningkatkan PAD dari KIR kendaraan bermotor.

“Kalau pemerintah pusat memberlakukan pengujian kendaraan bermotor di daratan Timor terpusat di Kabupaten  TTS  maka ini ada potensi untuk peningkatkan PAD. Ini potensi yang harus kita tangkap,” tambah wakil David Boimau.

Usai berbincang bersama kadis, rombongan menyempatkan diri memantau dan melihat secara langsung proses pengujian Kir. (sys)

Berikan Komentar Anda.