by

P3MD Sosialisasi PID Tingkat Adonara Tengah

ADONARA, Terasntt.com — Pendamping Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Flores Timur melakukan sosialisasi Pelaksana Inovasi Desa (PID) tingkat Kecamatan Adonara Tengah. Kegiatan yang dihadiri utusan 13 desa ini berlangsung di kantor camat setempat dan dibuka Camat, Valentinus Basa, Senin (20/11/2017).

Selain sosialisasi, juga digelar musyawarah antar desa dan pembentukan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) tingkat Kecamatan Adonara Tengah.

Dihadapan para kepala desa dari 13 desa bersama perwakilan masyarakat, tenaga ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA-P3MD) Kabupaten Flores Timur Raymundus Boli Pehan, mengatakan, garis besar dari program Inovasi Desa adalah penguatan dan pengembangan pemanfaatan dana desa yang di kucurkan Pemerintah Pusat Kepada Pemerintah Desa.

” Ada tiga bidang yang mencakup PID, diantaranya pengembangan ekonomi desa, Sumber Daya Manusia dan infrastruktur yang bersifat Inovatif,” kata Mundus.

Menurutnya, kerangka pikir TPID meliputi tiga hal yaitu, Pembangunan serta Pengembangan Kewirausahan, Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Infrastruktur sesuai dengan kebutuhan lokal.

” Agar tercapai tiga hal diatas, maka diperlukan beberapa hal seperti kemampuan berinovasi dan pengelolaan pengetahuan yang meliputi identifikasi, dokumentasi dan replikasi inovasi desa,” jelas Mundus.

Dan menurutnya tidak kalah penting adalah kemampuan dalam menghitung kebutuhan desa.

Kebutuhan desa dalam Pembangunan Ekonomi dan Sumber Daya Manusia didanai oleh Dana Desa

Salah satu indikator keberhasilan PID di bidang Kewirausahaan meliputi, pengembangan usaha ekonomi desa melalui BUMDesa dan berkembangnya produk unggulan di desa – desa.

Dana Operasional Kabupaten Flores Timur sebesar Rp. 1.012.680.000. Di bagi ke 19 kecamatan dan Adonara Tengah mendapat jatah sebesar Rp. 52.900.000. Dana tersebut direalisasikan 80% dan 20%- nya dikembalikan ke Inovasi Kabupaten untuk pembiayaan Bursa Inovasi.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Horowura, Lambertus Atagoran mengatakan, Program Inovasi Desa ini juga membantu melancarkan pembangunan di desa. Dalam hal Infrastruktur yang berkaitan dengan inovasi, Sumber Daya Manusia dan Kewirausahaan.

” Tim Pelaksana Kegiatan yang terbentuk hari ini merupakan mitra pemerintah desa,” katanya.

Sementara Kepala Desa Kenotan Damianus Keda yang juga ketua TPID Adonara Tengah terpilih, mengatakan, program PID sabgat baik untuk dikembangkan demi menunjang kreativitas dalam memaksimalkan potensi di desa.

” PID adalah sebuah program yang menurut saya sangat membantu. PID menjadi ruang belajar masyarakat, mengembangkan produk unggulan di desa masing – masing,” kata Dami.(als)

Comment

Berita Terbaru