Home Ekbis Optimalkan Layanan, PDAM TTS Benahi Jaringan

Optimalkan Layanan, PDAM TTS Benahi Jaringan

831
0
SHARE
Foto : Paul Paparesi

SOE, Terasntt.com — Optimalkan pelayanan air bersih PDAM Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) terus membenahi jaringan. Semua pipa yang bocor diperbaiki demi kepentingan konsumen.

” Upaya tersebut cukup ampu hingga kerusakan semakin berkurang dan pelayanan jaringan rumah lebih maksimal,” kata kasubag Keperawatan PDAM SoE, Lunu Missa kepada kepada wartawan di kantor PDAM setempat, Jumat (22/7/2016).

Menurutnya, beberapa titik yang menjadi rawan kerusakan sudah teratasi dan sekarang penyaluran air ke SR (Sambungan Rumah) sudah kembali normal.

” PDAM akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan air bagi pelanggan,”kata Missa diamini tenaga teknis, Yakob Talan.

Sementara jaringan ke Desa Mnelalete tidak lancar sejak 2 (dua) tahun silam ini, lanjutnya dikarenakan posisi pemukiman berada diketinggian sementara posisi jaringan berada di bagian bawa.

” Baru-baru sudah dipasang salah satu alat GATE VALVE yang berfungsi sebagai pengatur jalannya air sehingga 45 SR di Desa Mnelalete sudah terlayani,” katanya.

Untuk saat ini lanjut Missa, pihaknya sedang melakukan perbaikan jaringan yang rusak di Nonohonis-Oesena.

” Sedangkan untuk wilayah Kota SoE pembagian air sudah maksimal dan lancar. Jarang ada pengaduan saat ini,” tegasnya.

Pada tempat berbeda, Plt. Direktur PDAM SoE, Lely Hayer mengatakan masih banyak tunggakan dari pelanggan yang belum dibayar. Sejak 2 (dua) tahun lalu hingga 4 (empat) bulan terakhir ini jumlah tunggakan mencapai Rp. 355.026.350 dari 192 SR (pelanggan).

” Yang menjadi masalah adalah belum adanya kesadaran dari pelanggan untuk melunasi tunggakan mereka terutama pelanggan yang ada di Kota SoE,” tegas Lely.

Dengan demikian lanjutnya, sebagai pimpinan sementara PDAM SoE, dirinya sudah membentuk tim untuk menagih langsung ke rumah-rumah pelanggan yang masih menunggak.

“Kita sudah bentuk tim untuk tagih ke rumah-rumah pelanggan yang masih punya tunggakan. Dan tim sekarang sedang menjalankan tugas itu,” tegasnya.

Lely menambahkan jika pada saat penagihan masih ada pelanggan tidak melunasi tunggakannya maka terpaksa PDAM melakukan pemutusan sementara jaringan. Dan akan dipasang kembali setelah yang bersangkutan melunasi tunggakannya.

” Jika pada saat petugas melakukan penagihan, para pelanggan belum juga melunasi tunggakannya, maka kita akan putuskan jaringan ke rumah tersebut dan kita ambil meterannya. Kita akan pasang kembali setelah yang bersangkutan melunasinya,” tegas Lely.

Ia berharap agar ada kesadaran dari setiap pelanggan untuk membayar tagihan air tepat waktu karena uang tersebut akan dimanfaatkan kembali untuk biaya operasional diantaranya memperbaiki kerusakan.(pol)

Berikan Komentar Anda.