oleh

OJK, Siapkan Dokumen Pendataan LKM

KUPANG, Terasntt.com — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mempersiapkan dokumen dan pendataan Lebaga Keuangan Mikro (LKM) di NTT. OJK menyediakan format agar bisa diisi LKM sesuai yang disaratkan.
Demikian disampaikan Kepala kantor OJK Kupang, Winter Marbun di ruang kerjannya, Rabu (9/9/2015).
Marbur didampingi stafnya, Irawan Adi Wibowo, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan domunem pendaftaran LKM, namun terjadi mis comunication antar lembaga koperasi ditingkat pusat dan daerah, sehingga belum terlaksana.
” Ada beberapa daerah membuat penolakan terhadap upaya pendataan itu,” tegasnya.
Marbur mengatakan, kehadiran OJK untuk mengawasi LKM mikro yang memiliki kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM). Dan OJK sudah berkoordinasi dengan Kemenerian Koperasi serta Notaris untuk mempermudah pembentukan legalistas.
” Ada perbedaan antara Koperasi dan LKM, Koperasi berbadan hukum Koperasainya. Dan badan hukum LKM mikro yang bergerak dibidang keuangan dikeluarkan oleh OJK,” katanya.
Menurut dia, dalam proses simpan pinjam, LKM juga mengatur soal suku bunga pinjaman yang diatur dan ditetapkan oleh OJK.
” Bagi yang ingin menjadi anggota LKM juga tidak perlu takut, karena akan dibentuk Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) oleh OJK. Sesuai skemanya di tiap Propinsi ada Lembaga Penjamin Simpanan. Mudah – mudahan bisa diterima masyarakat,” tegasnya.
Marbur mengatakan, pihaknya menargetkan bisa memdata semua LKM mapun renteiner yang adadi NTT hingga akhir tahun 2015. Bagi yang sudah berijin akan dikukuhkan.
” Memang cikal – bakan terbentuknya LKM sudah ada,walau sementara ini belum ada yang terdaftar. Apalagi semua dinas badan sudah memiliki kelompok binaan yang bisa diajak masuk dalam LKM,” ujarnya.(mas)

Komentar