oleh

Obyek Wisata Wairajan Belum Disentuh

Salah satu wisata alam Wairajan Kabupaten Lembata belum tersentuh

Lewoleba, teras-ntt.com — Salah satu obyek wisata alam kolam pemandian Wairajan Kecamatan Nagawutun, Kabupaten Lembata belum tersentuh. Obyek wisata yang banyak diminati wisatawan domestik ini masih alamiah belum ditata secara baik oleh pihak manapun.

Kolam Alam Wairajan ini merupakan satu dari 28 anak sungai yang bermuara ke Air Terjun Lodovavo.

Dituturkan warga setempat, bahwa duberi nama Wairajan karena ada beberapa titik sumber mata air yang berada di sekeliling kolam pemandian dan di konsumsi untuk benutuhan keluarga.

Obyek Wisata Alam ini sangat mudah di jangkau karena medannya yang landai dan tidak terjal cuma berjarak 3 – 4 km dari pemukiman warga.

Kolam unik ini tampak bertingkat pada kedalama airnya, tingkat pertama memiliki kedalaman sekitar 1/2 meter setinggi pinggang orang dewasa dan tingkat yang kedua di bawanya biasa digunakan untuk mandi keluarga dan Anak-anak.

Tranportasi yang di gunakan untuk mencapai lokasi Kolam Pemandian tersebut sangat mudah dengan berjalan kaki, bisa juga menggunakan kendaraan roda dua maupun roda 4 untuk mencapai titik pemberhentian sebelum melanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi kolam tersebut.

Salah seorang warga yang menjadi pemandu ke lokasi Kolam Pemandian wairajan Aldus Atawua kepada teras-ntt.com, Sabtu (22/8/2020) mengharapkan sentuhan pemerintah terkhusus pemerintah desa untuk melirik aset atau potensi desa agar menjadi salah satu sumber PAD, juga pertumbuhan ekonomi desa dengan konsep Agrowisata.

Lebih jauh Aldus menjelaskan, bahwa lokasi kolam Pemandian Wairajan ini sebagai tempat camping keluarga, komunitas, serta sebagai tempat meditasi.(van)

Komentar

Berita Terbaru