oleh

Obyek Wisata Pantai Lewolein Mulai Ramai Dikunjungi

Pantai Lewolein Ramai Dikunjungi warga

Lewoleba, teras-ntt.com — Pasca pemberlakuan tatanan kehidupan baru atau new normal, obyek wisata pantai Lewolein Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata ramai dikunjungi warga. Pemerintah Desa Dikesare kembali membuka tempat obyek wisata ini setelah penerapan new normal, Minggu (28/6/2020).

Pantauan teras-ntt.com di pantai Lewolein Kecamatan Lebatukan pengunjung memang sudah mulai berdatangan dan para penjual makanan kulinerpun sudah mulai aktif.

Terlihat suasana tidak saja ramai di area pesisir pantai tetapi juga masyarakat mencari tempat yang aman dan sejuk seperti di lopo tempat penjualan makanan kuliner untuk mencicipi aneka makanan lokal berupa ketupat, Ikan Bakar, serta makanan lokal lainnya. Dengan kondisi demikian amun masih banyak masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan yakni, tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak. 

Kepala Desa Dikesare Eustakius Suban kepada teras-ntt.com menyebutkan sejak dibuka setiap hari selalu ada kunjungan warga yang berdatangan ke pantai Lewolein.

Dengan dibukanya pantai wisata ini, geliat ekonomi masyarakat di sana kembali aktif seperti biasa. Namun pihak kecamatan bersama relawan desa tetap melakukan pengawasan dengan menempatkan petugas di sana.

” Sampai saat ini kunjungan masih ada, kita menempatkan petugas di sana untuk memberikan himbauan agar pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan saat berada di sana,” kata Eustakius Suban.

Menurut dia, pemeriksaan suhu tubuh juga tetap diberlakukan saat akan masuk tempat wisata ini. Dimana pemeriksaan kesehatan atau suhu dilakukan, petugas juga memastikan pengunjung menggunakan masker saat datang ke Pantai Wisata Lewolein.

Camat Lebatukan Piter Ruing yang sedang memantau obyek wisata tersebut mengatakan, bahwa petugas jaga juga harus memantau pengunjung untuk tetap menjaga jarak saat berada di pantai. Bahkan penjual makanan kuliner di sini sudah diminta dari awal buka agar menyediakan tempat cuci tangan.

” Hari ini kita pantau langsung, seluruh kedai atau pedangan sudah menyediakan tempat mencuci tangan di lapak penjual mereka masing masing. Ini bentuk kepatuhan penjual kita dalam penerapan protokol kesehatan,” tandas Camat.

Menurut dia, meskipun kondisi saat ini sudah menuju tatanan kehidupan baru atau new normal protokol kesehatan wajib ditaati. “Kita lihat kunjungan pada akhir pekan kemarin masih lumayan. Sama seperti waktu sebelum sebelumnya,” kata Piter.

Pantai Lewolein Ramai Dikunjungi warga

Yangmembedakan hanya protokol kesehatan saja. Kalau kondisi normal biasa masyarakat masuk tidak memakai masker, sementara sekarang semua pengunjung yang datang menggunakan masker.

“Kita tetap buka seperti biasa, hanya protokol kesehatan saja yang di perketat dari kondisi sebelumnya dan kalau pengunjung yang datang tidak memakai masker wajib membeli masker yang sudah di sediakan oleh pemdes sekitar 7 Lusin dengan harga Rp. 10.000 per buah serta tidak memperkenankan pengunjung yang berbau alkohol masuk ke Area Wisata,” katanya.(van)

Komentar

Berita Terbaru