by

Musrembang Sebagai Wadah Penyusunan RKPD

KUPANG, Terasntt.com — Musrenbang Kota Kupang sebagai wadah penyusunan  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) lima tahun kedepan. Penyusunan RKPD dimaksud dengan tujuan penajaman, penyelarasan, klarifikas, dan kesepakatan terhadap rancangan rangan yang telah dipersiapkan.

Demikian kata Walikota Kupang, Jonas Salean pada  acara Musrembang RKPD Kota Kupang tahun 2018, di Hotel Imma, Jumat (31/3/2017).

” Musrenbang ini juga untuk menyamakan pandangan dan persepsi masyarakat untuk mengantisipasi berbagai tatangan dan peluang pembangunan yang akan dihadapi pada masa yang akan datang,” ujarnya.

Menurutnya, Perkembangan perencanaan partisipatif bermula dari kesadaran bahwa kinerja sebuah organisasi ditentutakan oleh prakarsa para pemangkuh kepentingan (Stakeholder). Komitmen semua pemangkuh kepentingan tersebut adalah kunci keberhasilan program.

” Besarnya komitmen dari semua pemangku kepentingan ini, diyakini tergantung dari sejauh mana mereka terlibat dalam membangun daerah ini melalui sistem perencanaan pembangunan nasional,” ujarnya.

Menurutnya,Sistem perencanaan pembangunan nasional tersebut merupakan kesatuan tata pembangunan jangka panjang,  menengah dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara negara dan masyarakat di tingkat pusat maupun daerah.

Selanjutnya, sistem perencanaan pembangunan nasional mewajibkan setiap daerah untuk menyusun RKPD demi terwujudnya kesejahteraan serta kenyamanan masyarakat.

” Perencanaan partisipatif diwujudkan antara lain, melalui musyawara perencanaan pembangunan (Musrembang), yakni sebuah rancangan rencana dibahas dan dikembangkan bersama seluruh pemangku kepentingan dengan semua aparat penyelenggara negara,” katanya.

Tahun 2018, lanjutnya, merupakan tahun transisi pelaksanaan RPJMD Kota Kupang Tahun 2013 – 2017, sehingga dalam rangka mejaga kesinambungan penyelenggara pemerintah termasuk di dalamnya perencaaan pembangunan daerah pada tahun 2018, sehingga Walikota Kupang Periode 2012-2017 wajib menyusun rencana kerja pemerintah daerah Kota Kupang yang merupakan dokumen perencanaan pembangunan tahun pertama yang merupakan bagian tak terpisahkan dari visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Kupang terpilih sebagaimana tercantum dalam RPJM 2018 – 2022.

” Secara normatif, RKPD Kota Kupang tahun 2018 memuat evaluasi pelaksanaan RKPD tahun 2017, rancangan kerangka ekinomi daerah, prioritas pembangunan daerah, rencana kerja dan pendanaannya, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah maupun bentuk partisipasi masyarakat,” ujar Jonas.(raf)

Comment

Berita Terbaru