by

Mulai 1 Mei, Pelayanan Kesehatan Berbasis e-KTP Diberlakukan di Kota

KUPANG, Terasntt.com — Walikota Kupang, Jonas Salean mengatakan progrom Pelayanan kesehatan masyarakat berbasis KTP elektronik (e-KTP) bagi yang kurang mampu akan diberlakukan mulai 1 Mei 2017.

“Kami pada HUT Kota Kupang yang jatuh pada Selasa 25 April 2017 akan melaunching program pelayanan kesehatan  berbasis  e- KTP, dan pada tanggal 1 Mei 2017 sudah diberlakukan,” kata Jonas Salean kepada wartawan di Balai Kota Kupang, Kamis (20/4/2017). Pelayanan gratis ini diberlakukan bagi pasien menjalan rawat inap pada bangsal III RSU SK. Lerik.

” Program ini bukan hanya untuk berobat rawat nginap saja, bagi warga kurang mampu yang memiliki e- KTP yang kebetulan menjalani rawat inap di kelasa 1 atau 2 sisa membayar kelebihan saja. Juga trmasuk biaya operasi gratis, sebab semua fasilitas kesehatan sudah disiapkan di rumah sakit Kota, baik dokter umum maupun dokter spesialisnya,” kata Jonas di Balai Kota, Kamis (20/4/2017).

Jonas mengaku, anggaran yang disiapkan untuk program tersebut tidak merugikan negara, karena sudah melalui rapat pembahasan teknis.

Ia mencontohkan, seandainya anggaran yang disiapkan Rp. 20 milliar namun dalam perjalanan hanya terpakai Rp. 15 milliar maka sisa Rp.5 milliar dikembalikan ke kas daerah.

” Untuk hal ini memungkin oleh undang – undang dikhususkan bagi daerah yang PAD-nya kecil,” kata Jonas.

Untuk itu Ia kembali menegaskan, bahwa dari segi anggaran, tidak ada dampak terjadinya kerugian negara. (raf)

Comment

Berita Terbaru