Home Humaniora Motivasi Warga, Lurah Maulafa Ikut Tes HIV & AIDS

Motivasi Warga, Lurah Maulafa Ikut Tes HIV & AIDS

878
0
SHARE
Foto : Thomas Duran

KUPANG, Terasntt.com — Salah satu cara untuk mencegah penyebaran HIV dan AIDS melalui kampanye dan sosialisasi. Lurah Maulafa, Yanto Sapay memiliki cara tersendiri untuk menyadarkan warganya dengan mengikuti tes HIV yang digelar Warga Peduli AIDS (WPA) Kelurahan Maulafa bekerja sama dengan KPA Kota Kupang di Gereja Lahairoi Tofa, Senin (13/9/2016).

Kesempatan emas untuk mendeteksi virus HIV dan AIDS ini tak banyak diminati warga akibat rasa takut, juga risih dan untuk meyakinkannya, Lurah Maulafa bersama sejumlah pejabat kelurahan memberikan contoh dengan mengikuti tes itu.

” Kesempatan ini sangat baik dan langka, saya menghimbau agar seluruh masyarakat Kelurahan Maulafa mengambil bagian dalam kegiatan semacam ini untuk mendeteksi secara dini virus HIV dan AIDS dalam tubuh kita. Minimal enam bulan sekali,” katanya.

Pada kesempatan yang sama dihadapan warga Maulafa, Sekretaris KPA Kota Kupang, Agus Bebok penderita virus HIV dan AIDS di Kota Kupang sejak tahun 2000 – Mei 2016 mencapai 884 kasus yang terdiri dari laki – laki 613 orang dan perempuan 371.

Menurutnya, distribusi kasus HIV & AIDS per kecamatan se Kota Kupang tahun 2000 – Mei 2016, yakni Kelapa Lima, Kota Raja dan Oebobo masing – masing 17 persen, Kota Lama 15 persen, Alak 13 persen dan Kecamatan Maulafa 19 persen.

Demikian juga, kata Bebok distribusi HIV menurut pekerjaan, yakni pelaut dan TNI Polri masing – masing 5 persen, PNS dan IRT masing – masing 11 persen, mahasiswa, sopir, buruh, tani, ojek masing – masing 6 persen, swasta 15 persen dan lain – lain 8 persen sedangkan PSK 10 persen.(mas)

Berikan Komentar Anda.