Home Nasional Minuman bersoda bisa turunkan kolesterol? Jangan buru-buru percaya

Minuman bersoda bisa turunkan kolesterol? Jangan buru-buru percaya

925
0
SHARE
©2016 Merdeka.com

Makassar.merdeka.com – Makan makanan sehat, rajin berolahraga serta minum air putih secara teratur merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan. Cara itu berlaku untuk setiap saat, termasuk saat momen lebaran di mana kita dihadapkan dengan banyak makanan khas.

Selain cara di atas, banyak juga orang percaya bisa menjaga kesehatan dengan cara tertentu. Misalnya dengan minum minuman bersoda untuk mencegah kolesterol. Biasanya ini dilakukan orang setelah mengkonsumsi aneka makanan berlemak dan berminyak.

Pertanyaannya adalah apakah dengan minuman bersoda bisa menurunkan kolesterol? Sayangnya, tidak. Apa sebab? Kandungan gula atau pemanis yang terdapat pada minuman kaleng ini mampu meningkatkan kadar trigliserida yang tersimpan dalam bentuk lemak. Zat ini mengapung di sekitar aliran darah dan cukup sulit untuk dihilangkan sehingga beresiko pada penambahan berat badan.

Peningkatan kadar trigliserida ini berdampak langsung pada dinding arteri yang membuatnya jadi lebih tebal dan tentu saja, mempersulit aliran darah. Kondisi inilah yang membuat terjadinya pembekukan darah dan beresiko pada stroke dan penyakit jantung. Meskipun banyak yang berpendapat jika gula tidak serta merta meningkatkan kadar kolesterol, namun meningkatnya berat badan bisa saja menimbulkan hal tersebut terjadi.

Untuk itu, segera ganti minuman bersoda dengan air putih setidaknya 8 gelas per hari. Karena banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan jika dikonsumsi setiap hari. Selain kolesterol, tulang juga mudah keropos karena asam fosfat yang terdapat di dalamnya menggerogoti kalsium. Belum lagi kulit terlihat lebih tua dan bikin kecanduan.
(AP)

Berikan Komentar Anda.