oleh

Mensos Inspeksi Mendadak ke Gudang Dolog NTT

KUPANG, Terasntt.com — Secara mendadak Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa melakukan inspeksi mendadak di Gudang Dolog NTT untuk memastikan stok beras. Ketika tiba di Bandara Adisucipto Penfui, Kamis (27/8/2015) pukul 7.00 wita, Khofifah dijemput Wakil Gubernur NTT, Drs. Benny A.Litelnoni,SH.M.Si dan Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno dan Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man langsung mendatangi gudang Dolog di Tenau Kelurahan Alak. Ketika turun dari Mobil, Khofifah dan rombongan didamping kepala gudang, Johni H.Lau dan Kabid pelayanan publik Dolog NTT, Alexander Malelak masuk ke gudang beras untuk mengecek langsung kualitas serta berat netto yang dikemas dalam karung berukuran 15 kg. Bahkan dia tidak segan – segan mengambil beras dari kemasan lalu menciumnya untuk memestikan kualitas beras.
” Saya diperintahkan Presiden untuk mengecek stok beras di NTT karena raskin untuk bulan September sudah harus dibagikan agar masyarakat tenang. Kalau melihat berita di TV tentang kekeringan pasti mereka gelisa, tetapi dengan adanya pembagian raskin dipercepat bisa memberi rasa aman bagi masyarakat. Dan mulai tahun ini sudah ada raskin ke 13 dan sudah ditetapkan secara nasional,” tegas Khofifah.
Khofifah mengatakan, bahwa saat ini banyak kabupaten/ kota yang membantu masyarakatnya dengan sharing dana melalui APBN dan berjalan cukup bagus.
” Selama ini ada subsidi dari pemerintah dan realisasi secara nasional sebesar 65 persen. Saya berharap raskin bulan September secepatnya didistribusikan. Sehingga ada kekeringan masyarakat merasa aman hingga bulan Februari 2016.
Kepada Mensos, Alexander Malelak menjeleskan secara umum realisasi raskin di NTT berjalan baik.
” Hanya saja di Kabupaten TTU belum terealisasi karena dibiayai dari APBD 2. Sementara ini belum ada kepastian kapan bisa direalisasikan,” tegasnya.
Sementara itu, lanjut dia Kabupaten Rote Ndao mengalami surplus karena hasil penennya bisa membiayai masyarakat setempat.(mas)

Komentar