oleh

Menkes Bantu Mobil Ambulance untuk Puskesmas Silawan

ATAMBUA, Terasntt.com – Menteri Kesehatan, Juwita F Moeloek saat melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah perbatasan Belu – Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), Rabu (30/9/2015) memberikan bantuan secara simbolis satu unit mobil ambulance untuk operasuional Puskesmas Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu salah satu wilayah yang berbatasan dengan RDTL.
Menteri Kesehatan, Juwita F Moeloek disela-sela kunjungan tersebut mengatakan, pemberian bantuan itu untuk memperlancar aktifitas pelayanan kesehatan di Puskesmas itu. Selain itu kata Juwita, bantua tersebut merupakan wujud nyata dari program Nusantara Sehat yang saat ini tengah dilaksanakan pemerintah.
“Ini merupakan bagian dari kegiatan Nusantara sehat yang sementara kita lakukan dan sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat daerah terpencil,” ungkapnya.
Untuk optimalisasi pelayanan kesehatan di daerah terpencil kata dia, pihaknya bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) melatih mental tenaga medis dan siapmengabdi di daerah terpencil.
“Kami sudah persiapkan tenaga kesehatan dari berbagai daerah yang dilatih mentalnya oleh TNI agar bisa mengabdi di terpencil dan sebagian besarnya sudah mulai mengabdi plosok-plosok. Selama ini kesehatan masyarakat di daerah terpencil kurang mendapat perhatian yang lebih serius,” ungkapnya.
Salah seorang perawat di Puskesmas Silawan, Neni menyampaikan terima kasih dengan kepedulian Menteri Kesehatan RI yang peduli dengan pelayana kesehatan di daerah terpencil.
“Pelayanan yang kami berikan selama ini masih terkendala dengan mobil ambulance karena di daerah batas butuh transportasi yang cepat dalam memberikan pelayanan kesehatan.Kami sampaikan terima kasih untuk ibu Menkes,” katanya.
Pantauan Terasntt.com, dalam kunjungan tersebut, selain Menteri Kesehatan, Juwita F Moeloek hadir juga Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Kepala Badan intelijen Nasional (BIN), Sutiyoso, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya didamping Penjabat Bupati Belu, Welem Fonny serta sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Belu.(ino)

Komentar