by

Memprihatinkan, Upah Guru Honorer di SMP 19 Alak

KUPANG, Terasntt.com — Upah tenaga guru honorer pada SMP 19 Alak, Kota Kupang sangat memprihatinkan. Upah yang diterima tidak berbanding dengan banyaknya jam mengajar.

” Bayangkan saja, dari 24 jam mengajarnya per minggu guru honorer dihargai dengan Rp 150 ribu/ bulan,” kata Sekretaris Komisi IV, Yuvensius Tukung, di ruang kerjanya, Jumad, (7/4/2017)

” Dalam kunjungan kerja kemarin di SMP 19 Alak, kami mengungkapkan hal ini. Bayangkan saja, dari 24 jam mengajar setiap minggu, hanya dibiayai Rp 150 rupiah,” ujar Yuven.

Hal lainnya, tambah Yuven, Jumlah guru honorer pada sekolah tersebut lebih banyak dari guru PNS. Di sekolah itu  hanya 4 orang PNS termasuk Kepala Sekolah, sedangkan Guru honorer sebanyak 27 orang.

Melihat kondisi seperti ini, lanjutnya, otomatis, akan berimbas ke aspek lainnya, seperti kualitas pembelajaran, misalnya.

” Kondisi ini tidak akan menjamin kualitas Pendikan yang diharapkan,” ujarnya.

Sebagaimana seharusnya misi Kota Kupang, lanjutnya, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), serta peningkatan kualitas Pendidikan, yang selama ini didengungkan, seakan bertolak belakang dengan Kondisi di lapangan.

” Kondisi ini bukti nyata, menggambarkan mutu pendidikan kita,” katanya.

Anggota DPRD Kota Kupang termuda ini melanjutkan, bahwa guru yang seyogianya mengemban misi mulia dalam mencerdaskan kehidupa bangsa, seharusnya menjadi perhatian utama Pemerintah.

Untuk itu lanjut Yuven, pihaknya akan meminta dinas terkait, segera mendata semua guru honorer yang ada di Kota Kupang, agar bisa diperjuangkan dan dihibakan melalui penambahan APBD.

” Kondisi ini akan siap ditindaklanjuti melalui rapat koordinasi nantinya,” ujarnya.

Ia berjanji, secara lembaga akan menangani masalah tersebut dengan baik, mengingat guru adalah peletak dasar membangun generasi bangsa.(raf)

Comment

Berita Terbaru