Home Pendidikan Membangun Gedung Sekolah Baru, Ini Harapan Menteri Pendidikan

Membangun Gedung Sekolah Baru, Ini Harapan Menteri Pendidikan

704
0
SHARE
Foto : Istimewa

OELAMASI, Terasntt.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Efendy berharap pembangunan gedung Sekolah baru terus memotivasi para guru dan siswa dalam pelaksanaan belajar mengajar yang lebih baik dan berkualitas.
Siswa lebih giat belajar, lebih rajin dan semakin bersemangat untuk bersekolah. Dan kepada para guru juga dapat mendidik para siswa dengan sungguh -sungguh.

” Membangun gedung sekolah baru bukan semata sarana dan fasilitas tetapi yang terpenting adalah gairah dan semangat para siswa terus dipacu agar kelak menjadi generasi berkualitas daerah ini,” kata Muhadjir Efendy saat meresmikan lima unit sekolah baru di NTT secara simbolis di SMPN 8 Kupang Timur, Jumat (30/9/2017).

Dihadapan masyarakat, Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad dan Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno, Muhadjir menyatakan, pembangunan SDM merupakan kunci utama untuk membangun NTT menjadi lebih maju dan lebih baik.

“ Tidak ada pilihan lain untuk membangun NTT menjadi lebih baik selain membangun SDM nya semakin berkualitas, cerdas dan mampu memanfaatkan potensi daerah secara baik untuk kemajuan daerah,” ujar Muhadjir.

Menurutnya salah satu potensi dan aset terbesar di NTT adalah keindahan alamnya yang sangat menawan.

Pantai – pantai di NTT menurut Muhadjir sangat indah dan tidak kalah dibanding daerah lain seperti Bali dan lainnya yang jika dikelola dan ditata secara baik akan menjadi magnet pariwisata yang tentu berdampak bagi kemajuan daerah.

Menurutnya, sekaya apapun sebuah daerah tanpa didukung oleh SDM yang handal sulit untuk memberikan dampak bagi kemajuan daerah itu sendiri dan sebaliknya, jika SDM nya bagus meski daerah terbatasnya akan memberikan dampak bagi kemajuan daerah itu sendiri.

” Saya berharap para guru, siswa dan komite dapat bersama-sama merawat dan menjaga gedung sekolah ini secara baik sehingga dapat menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas. Gedung ini merupakan amanah Pemerintah,” katanya.

Sementara Frans Lebu Raya, mengajak semua masyarakat, guru dan siswa – siswi SMPN 8 Kupang Timur mengucap syukur atas terbangunnya gedung baru itu.

Ia menyatakan, bahwa sarana dan prasarana pendidikan masih menjadi permasalahan utama yang dihadapi masyarakat NTT.

Menurutnya, APBD NTT saat ini hanya berjumlah 3,7 Triliun dan jika 20 % diberikan untuk pendidikan hanya sekitar 600 an Miliar saja yang dapat dialokasikan untuk mendukung suksesnya pendidikan di NTT, padahal NTT terdiri dari 22 Kabupaten/Kota.

Lebu Raya berharap, kepada Menteri andai dimungkinkan saat penerimaan guru bisa memberikan perhatian lebih dengan penambahan tenaga pengajar di NTT.

Demikian juga kepada para siswa dan orangtua, ia berharap agar dapat belajar dengan lebih baik dan lebih rajin sehingga menjadi manusia NTT yang cerdas. Orangtua harus memberikan perhatian bagi pendidikan dan kesehatan anaknya.

” Tolong anak-anak ini dibiasakan makan sayur dan ikan agar anak bisa bertumbuh dengan baik dan sehat, serta mengurangi makanan instan yang kurang bermanfaat bagi tubuh,” ujarnya.

Untuk diketahui sumber dana pembangunan lima unit Sekolah Baru di NTT berasal dari APBN TA. 2016-2017.

Kelima sekolah tersebut masing – masing, SMPN 8 Kabupaten Kupang, Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) SDN Palanggay di Sumba Timur, SMAN 1 Merie Ngada, SMK Khatolik Santo Markus Sikka dan SKO Flobamora Kota Kupang.
(*/mas)

Berikan Komentar Anda.