by

Masyarakat Minta Pemkot Mekarkan Kelurahan Liliba

KUPANG, Terasntt.com — Mengharapkan pembangunan dan pelayanan yang merata, warga meminta Pemerintah Kota Kupang mekarkan Kelurahan Liliba. Dirasakan pelayanan saat ini belum maksimal dan merata di semua wilayah kelurahan.

Demikian permintaan masyarakat ini disampaikan saat kunjungan Walikota Kupang Jonas Salean berkantor di Kantor Lurah Liliba, Kamis (9/6/2016).
Dalam arahannya, Jonas Salean menjelaskan jika akan dilakukan pemekaran wilayah Kelurahan Liliba maka harus dibentuk panitia persiapan dan proposal pemekaran yang diajukan ke Pemkot Kupang dan pihak DPRD Kota Kupang.

” Saya setuju jika itu sudah ada aspirasi dan kesepakatan masyarakat dalam musrenbangkel tinggal dibentuk panitia persiapannya dan proposal pemekaran yang diajukan ke Pemkot Kupang dan pihak DPRD Kota Kupang agar mendapatkan dukungan baik secara hukum dan pendanaannya,” ujar Salean.
Salean menegaskan, pemekaran Kelurahan merupakan langkah yang tepat untuk mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat, namun butuh persiapan yang matang dalam proses tersebut.
” Pemekaran Kelurahan ini punya maksud untuk mendekatkan pelayanan publik secara baik kepada masyarakat, dan memang membutuhkan proses persiapan yang matang tidak asal jadi begitu saja,” tegasnya.
Sementara Lurah Liliba, Amsy Yolah menyatakan, wacana pemekaran Kelurahan Liliba menjadi tiga, karena luas wilayahnya mencapai 1300 ha dan jumlah penduduk sebanyak 17.257 jiwa.

” Memang masyarakat membutuhkan pelayanan publik yang lebih baik sehingga meminta pemekaran Kelurahan. Luas wilayah Kelurahan Liliba 1.300 ha dan jumlah penduduk sebesar 17.257 jiwa merupakan sebuah dinamika pembangunan yang mengutamakan pelayanan publik yang memadai. Dalam musrenbangkel lalu telah diwacanakan pemekaran menjadi tiga wilayah Kelurahan dan disepakati sehingga ini diangkat kembali oleh warga agar menjadi perhatian Pemkot Kupang ke depannya,” tegasnya.
Yolah menambahkan, Kelurahan Liliba memiliki 52 RT dan 16 RW dengan 2.745 KK, sehingga perlu upaya pemekaran untuk meningkatkan pelayanan dan penataan wilayah administrasi secara baik.

” Kalau kita ingin penataan wilayah Kelurahan Liliba menjadi baik maka harus dimekarkan. Kita bandingkan jumlah 52 RT dan 16 RW serta 2745 kk tentu perlu pemerataan dalam hal penataan wilayah administrasi dan ini untuk lancarnya pemerintahan,”ujarnya. (her)

Comment

Berita Terbaru