oleh

Luis Suarez Pastikan Kemenangan Barca Atas Leverkusen 2-1

Barcelona, CNN Indonesia — Barcelona mengalami kesulitan saat menghadapi Bayer Leverkusen di Camp Nou. Mereka tak kuasa mencetak gol selama nyaris 80 menit namun akhirnya hanya butuh dua menit untuk mengembalikan keadaan.
Barcelona nyaris kehilangan cara untuk mencetak gol ke gawang Leverkusen setelah mereka sebelumnya tertinggal lewat gol Kyriakos Papadopoulos. Namun akhirnya mereka sukses menutup pertandingan dengan skor 2-1 lewat gol Sergi Roberto dan Luis Suarez di menit ke-80 dan 82.
Leverkusen berhasil berdiri di Camp Nou dengan tanpa memeragakan permainan sepakbola negatif. Javier ‘Chicharito’ Hernandez menampilkan permainan terbuka sejak menit awal pertandingan.
Tekanan demi tekanan mereka lakukan ke pertahanan Barcelona. Hasilnya, mereka sukses membobol gawang Barcelona di menit ke-22 lewat sundulan Kyriakos Papadopoulos memanfatkan sepak pojok Hakan Calhanoglu.
Setelah unggul satu gol, Leverkusen sama sekali tidak berniat untuk mengubah pola permainan mereka dan menampilkan strategi bertahan. Sebaliknya, mereka pun terus menyerang dan menciptakan beberapa peluang emas di sisa waktu babak pertama.
Masuk ke babak kedua, Leverkusen memiliki peluang emas untuk memimpin 2-0 saat pertandingan memasuki menit ke-50. Umpan matang Kevin Bellarbi mengantarkan Chicharito pada posisi bebas dengan ruang tembak terbuka, namun tendangan Chicharito justru melayang dari sasaran.
Laga kemudian makin terasa berat bagi Barcelona setelah Andres Iniesta ditarik keluar lantaran mengalami masalah pada kakinya.
Dua dari trio MSN yang tersisa, Neymar dan Luis Suarez sulit membuat peluang untuk mencari gol penyama kedudukan bagi ‘Blaugrana’. Neymar sempat mendapatkan kesempatan melakukan tendangan bebas di menit ke-65 namun tendangannya masih melebar di sisi kiri gawang Leverkusen.
Gerard Pique bahkan turut naik membantu serangan dan sempat mendapatkan peluang di muka gawang tetapi sundulannya masih mudah diamankan oleh Bernd Leno.

Di situasi sulit seperti ini, para pemain muda Barcelona yang baru masuk sebagai pemain pengganti, Sergi Roberto dan Munir sukses unjuk gigi. Berawal dari umpan Jordi Alba, tendangan Munir tidak ditangkap sempurna oleh Leno. Bola kemudian bergulir liar dan Sergi Roberto dengan cepat menyambar bola untuk membuat kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-80.
Skor 1-1 ini sepertinya mengangkat beban di tim Barcelona secara keseluruhan. Terbukti, dua menit kemudian Suarez yang nyaris tak membuat peluang sebelumnya sukses mencetak gol indah.
Gol ini juga lahir berkat kreasi Munir di sisi kiri pertahanan Leverkusen. Setelah melewatin Sven Bender, ia memberikan bola ke Suarez yang langsung mengarahkannya ke pojok kiri atas gawang Leverkusen.
Barcelona pun kemudian sukses mempertahankan keunggulan 2-1 hingga akhir pertandingan. Kemenangan 2-1 ini membuat mereka kini mengoleksi empat poin dan duduk di posisi puncak grup E.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3)
ter Stegen; Dani Alves, Pique, Mascherano, Mathieu; Rakitic (Sergi Roberto 72), Busquets, Iniesta (Jordi Alba 60); Sandro Ramirez (Munir 63), Suarez, Neymar

Bayer Leverkusen (4-2-3-1)
Leno; Donati (Hilbert 76), Tah, Papadopoulos, Wendell; Bender, Kramer; Kampl, Calhanoglu, Bellarabi (Brandt 66); Chicharito (Kiessling 55) (CNN)

Komentar