Home Daerah Lisapally : Dinkes Sikapi Penyakit Berpotensi Wabah

Lisapally : Dinkes Sikapi Penyakit Berpotensi Wabah

642
0
SHARE
Foto : Istimewa

KUPANG, Terasntt.com — Pelaksan Tugas Walikota Kupang, Yahana Lisapally meminta Dinas Kota Kupang segera menyikapi penyakit yang berpotensi menjadi wabah. Membutuhkan kesigapan petugas dan ketersediaan obat sebelum kasus Diare dan DBD merenggut nyawa korban.

Lisapally menegaskan hal tersebut melalui sambutannya yang dibacakan Asisten I, Yos Rera Beka, saat membuka Rapat Koordinasi di Aula Sasando Lantai III, Balai Kota Kupang, Senin (14/11/2016).

” Saya minta kepada Dinas Kesehatan agar cepat tanggap terhadap penyakit yang berpotensi menjadi wabah,” ujarnya.

Menurut Rera Beka, fenomena kesehatan adalah salah satu persoalan serius yang terus menjadi pergumulan pemerintah dan masyarakat dari waktu ke waktu karena munculnya wabah yang terkadang tidak dapat diprediksi.

Untuk itu, ia meminta Kadis Kesehatan untuk tanggap terhadap situasi tersebut menggunakan instrumen yang ada dan menggalang kerja sama dengan stakeholder kesehatan dan kalangan pers untuk mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang jenis penyakit yang berpotensi menjadi wabah.

“Saya minta Kepala Dinas Kesehatan agar terus menjalin kerja sama dengan semua pihak untuk mencegah penyakit, seperti dema berdarah, Malaria, Diare, Gizi Buruk dan lain sebagainya,” tegas Rera Beka.

Menurutnya, masyarakat perlu dibekali dengan informasi yang akurat mengenai pola hidup yang sehat, mengkonsumsi makanan yang murah dan sederhana, namun bergizi tinggi.

Masyarakat juga perlu dibekali dengan informasi seperti kondisi tempat tinggal dan lingkungan yang higenis, pemeriksaan kesehatan secara berkala di puskesmas terdekat dan dan langkah emergensi lain yang ditempuh apabila mengalami suatu penyakit.

” Setiap masyarakat harus dibekali dengan informasi yang akurat, menganai pola makan, pola hidup sehat, kondisi tempat tinggal dan pemeriksaan kesehatan berkala,” ujarnya.(raf)

Berikan Komentar Anda.