Home Daerah Lingkungan Keluarga Jadi Predator Kekerasan Anak

Lingkungan Keluarga Jadi Predator Kekerasan Anak

911
0
SHARE
Foto : Istimewa

BORONG, Terasntt.com — Ketua Komisi Perlindungan Anak Republik Indonesia, Aris Merdeka Sirait, menyatakan Predator kekerasan terhadap anak datang dari lingkungan keluarga. Bisa mengakibatkan gangguan mental dan fisik bagi tumbu – kembangnya anak.

Aris Sirait menyampaikan hal ini saat membawakan materi dalam seminar sehari dengan tema ” Perlindungan Anak” di Aula Kantor Bupati Manggarai Timur, Rabu (13/7/2016).

“Kekerasan anak lebih sering terjadi dalam lingkaran keluarga dan lingkungan sekitarnya. Ini lebih disebabkan tingginnya ketergantungan dan pengaruh lingkungan dalam perkembangan anak-anak. Kekerasan anak sering terjadi dan pelaku adalah orang tua, ayah tiri, kakak, adik, pekerja kebun, sopir dan orang orang terdekat keluarga atau lingkungan tinggal kita masing-masing,” kata Aris.

Lebih jauh dijelaskan, penyebab lain adalah interaksi bebas pada lingkungan sekolah, lingkungan sosial dan ruang publik lainnnya.

Untuk menekan kekerasan terhadap anak, lanjutnya orang tua, pihak sekolah dan agama diminta meningkatkan kewaspadaannya.

“Kita perlu memperhatikan perlindungan anak melalui pendidikan yang sehat dan menyenangkan, sembari menyayangi mereka. Kegiatan pendalaman iman sesuai keyakinan masing masing bisa menjadi cara yang juga ampuh,” ujar Aris mengakhiri meterinya.(*/mas)

Berikan Komentar Anda.