Home Daerah Liko Hala : Pengusaha Harus Diberi Kemudahan Berinvestasi

Liko Hala : Pengusaha Harus Diberi Kemudahan Berinvestasi

616
0
SHARE
Foto : Rafael L. Pura

Kupang, terasntt.com — Kepala Badan Penanaman Modal Kota Kupang, Yos Liko Hala menegaskan, Pengusaha harus diberikan kemudahan untuk berinvestasi. Saat ini proses perizinan lebih mudah dan dipercepat.

” Ini merupakan capaian yang luar biasa walau itu belum cukup. Harus ada media yang disiapkan guna memberikan informasi dan arahan yang akurat bagi investor agar secara cepat dan tepat mengambil keputusan dalam berinvestasi,” Liko Hala, usai membaca laporan Panitia dalam Kegiatan Kajian Penyusunan Peta Potensi dan Peluang Investasi Kota Kupang di Hotel Imma, Selasa (15/11/2016).

” Harus diakui bahwa masih banyak hal yang mesti dikerjakan agar bisa menarik investor untuk menanamkan modalnya di Kota Kupang. Pengusaha harus diberi kemudahan dalam berinvestasi, dan untuk saat ini, perizinan sudah dipermudah dan dipercepat,” tegasnya.

Menurutnya, perkembangan Kota Kupang dewasa ini mengalami peningkatan yang cukup pesat bila dibandingkan dengan daerah – daerah lain di NTT. Capaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh elemen, baik pemerintah maupun pengusaha serta elemen masyarakat lainnya.

Untuk menjaga agar kecepatan pembangunan ini tetap pada arahnya, lanjut Liko Hala, Pemerintah Kota Kupang telah menggagas dan melaksanakan program – program inovatif yang berpihak pada masyarakat umumnya dan juga telah dirasakan manfaatnya.

” Pembangun Kota Kupang terus mengalami peningktan, ini merupakan buah dari usaha seluruh elemen. Pemerintah telah menggagas dan melaksanakan program – program inovatif yang berpihak kepada masyarakat,” tegasnya.

Saat ini, lanjutnya, Pemerintah terus memperkuat regulasi yang ada sehingga investor tetap merasa nyaman untuk berinvestasi secara berkelanjutan.

” Untuk saat ini, Pemerintah terus memperkuat regulasi demi terciptanya kenyamanan bagi para pengusaha. Tahun Anggaran 2016 pemerintah Kota melalui Bada Penanaman Modal menyusun Peta Potensi dan Peluang Investasi sebagai panduan dalam pelaksanaan Penanaman Modal,” kata Liko Hala.

Kajian dan penyusunan peta potensi serta peluang investasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi, klasifikasi dan inventarisasi potensi ekonomi serta sarana dan prasarana yang dibutuhakan guna menunjang penanaman modal.

Ia berharap kegiatan tersebut, bisa membuat pemetaan terhadap Potensi ekonomi serta penempatan investasi pada tata ruang sesuai peruntukannya agar bisa dimanfaatkan investor dalam berinvestasi. Juga membuat basis data yang berisi potensi ekonomi serta sarana dan prasarana penunjang investasi.

Sementara, pelaksana Tugas Walikota Yohana Lisapaly dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa para Investor harus diberikan kemudahan dalam mengurus perizinan juga harus diberikan kenyamanan dalam berinvestasi. Serta menberikan informasi seluas – luasnya.

” Salah satu faktor sulitnya investor masuk selama ini karena hal itu, perizinan yang rumit dan keadaan yang belum sepenuhnya nyaman. Untuk itu, harus diberikan kemudahan dan kenyamanan,” Tegas Lisapally.

Ia juga, memberikan Apreasi yang setinggi – tingginya kepada Badan Penanman Modal yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.(raf)

Berikan Komentar Anda.