Home Pariwisata Lebu Raya : Pariwisata Menjadi Sektor Pendapatan Terbesar

Lebu Raya : Pariwisata Menjadi Sektor Pendapatan Terbesar

844
0
SHARE
Foto : Istimewa

KUPANG, Terasntt.com — Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya, mengatakan bahwa Pariwisata menjadi penggerak Ekonomi yang akan menjadi sektor terbesar pendapatan bagi negara dan daerah. Kepariwisataan daerah menjadi salah satu sektor unggulan yang dikembangkan.

Demikian kata Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bappeda NTT, Wayan Darmawa dalam Seminar Nasional Pembangunan Pariwisata NTT di Kupang, Rabu (9/11/2016)

” Dunia pariwisata tidak hanya menjadi pengisi waktu luang namun sudah menjadi tuntutan dan beberapa kalangan masyarakat sudah menjadi kebutuhan mendasar,” katanya.

Lebih jauh, Lebu Raya mengatakan sektor pariwisata ditargetkan akan menjadi sumber pendapatan terbesar pada tahun 2019.

” Tahun 2019 sektor pariwisata akan menjadi sumber pendapatan terbesar di Nusa Tenggara Timur,” lanjutnya.

Ia mengatakan, saat ini sektor parwisata di NTT berbasiskan kepulauan menjadi incaran para wisatawan dari berbagai belahan dunia.

NTT, menurutnya, menyimpan keindahan alam, keunikan budaya, dan kehidupan sosial yang akan menjadi potensi daya tarik untuk mendatangkan keuntungan bagi masyarakat maupun pemerintah di daerah wisata.

Untuk itu, pihaknya tengah serius mendorong peningkatan berbagai infrastruktur untuk mendukung kepariwisataan yang menyebar di pulau-pulau.

” Salah satu yang sedang kita kembangkan serius saat ini yaitu pembangunan pelabuhan dan bandara berstandar internasional untuk meningkatkan akses pariwisata ke Nusa Tenggara Timur,” katanya.

Dia mengakui pengembangan pariwisata di Indonesia belum sinergis antara semua elemen masyarakat sehingga pengembangan pariwisata termasuk di NTT perlu strategi yang disusun dalam kebijakan nasional.

” Harus ada harmonisasi pusat -daerah terkait peraturan perundangan untuk pengembangan pariwisata, serta memprioritaskan pembangunan infrastruktur pendukung,” katanya.

Selain itu, lanjutnya hubungan sinergis antara pihak swasta dan masyarakat di daerah wisata harus diperkuat untuk keberhasilan produk, pemasaran, dan menciptakan sumber daya manusia yang bisa berdaya saing.

Lebu Raya mengatakan, untuk mewujudkan pariwisata sebagai tulang punggung pendapatan daerah sehingga perlu adanya koordinasi lintas kementerian, pemerintah pusat dan daerah.

Koordinasi itu, katanya, harus berdampak positif bagi perekonomian terutama masyarakat di sekitar lokasi pariwisata. (raf)

Berikan Komentar Anda.