oleh

KPP Pratama Kupang Sosialisasi bagi Developer REI NTT

Kupang, teras-ntt.com — KPP Pratama Kupang mensosialisasikan  perpajakan bagi para developer yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan tersebut berlangsung di kantor REI NTT, Kota Kupang, Senin (22/11/2021). 

Kegiatan yang diikuti 67 peserta ini masing – masing 35 developer mengikuti langsung secara offline dan 32 melalui daring. Ruang tersebut membahas kewajiban perpajakan pada setiap tahap proses bisnis Real Estate seperti Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Kepala KPP Pratama Kupang, Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi menyampaikan terima kasih kepada REI NTT yang sudah memfasilitasi kegiatan sosialisasi tersebut. Ucapan terima kasih juga disampaikan Ayu kepada para peserta yang sudah bersedia mengikuti sosialisasi terkait kewajiban perpajakan bagi para pelaku developer di Nusa Tenggara Timur (NTT) baik secara langsung maupun daring. 

“Kami berharap sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan terkait kewajiban perpajakan bagi pengusaha real estate. Apabila dalam pelaksanaan kewajiban tersebut mengalami kendala, silakan berkonsultasi dengan petugas di KPP Pratama Kupang. Kami siap memberikan konsultasi terkait kewajiban perpajakan anggota REI NTT,”kata Ayu.

Lebih lanjut Ayu menjelaskan bahwa Industri properti nasional memiliki peran yang sangat strategis dalam proses pembangunan bangsa termasuk dalam proses pemulihan ekonomi nasional. Bergeraknya kembali sektor properti nasional akan ikut menggerakkan sektor dan industri lainnya termasuk UMKM.

KPP Pratama Kupang Sosialisasi perpajakan bagi developer REI

Pada  kesempatan itu, Ayu menginformasikan bahwa KPP Pratama Kupang juga membuka layanan konsultasi secara daring melalui pesan tertulis aplikasi whatsapp yang dapat diakses pada instabio.cc/pajakkupang. 

Dengan begitu, lanjut Ayu, para developer yang mengalami kendala perpajakan bisa langsung bertanya melalui nomor layanan Whatsapp (WA) tanpa harus datang ke kantor pajak.

Sementara pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) REI NTT Bobby Thinung Pitoby mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPP Pratama Kupang. 

“Harapannya, dengan adanya kegiatan ini seluruh developer yang tergabung dalam REI Provinsi NTT dapat menjalankan kewajiban perpajakannya dengan tepat dan benar,” tandasnya. 

Pantauan teras-ntt.com- peserta cukup antusias mengikuti sosialisasi tersebut. Hal ini dapat terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para developer kepada para petugas dari KPP Pratama Kupang.(ran)

Komentar