Home Olahraga Korem 161 Wira Sakti – IPSI Kota Kupang Gelar Festival Pencak Silat

Korem 161 Wira Sakti – IPSI Kota Kupang Gelar Festival Pencak Silat

246
0
SHARE

Rapat persiapan Festival Pencak Silat bersma pihak Korem 161 Wira Sakti dan IPSI Kota Kupang.(foto istw)

Kupang, teras-ntt.com — Dalam rangka Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif, Korem 161 Wira Sakti Kupang bekerjasama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Kupang menggelar Festival Pencak Silat di Makorem Kupang, 26 Maret 2020 mendatang. Kegiatan ini sebagai upaya menjalin komunikasi yang sehat dan harmonis melalui Pentas Seni Budaya dan Olahraga.

” Kegiatan dimaksud juga untuk meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat di Wilayah Nusa Tenggara Timur. Juga dalam rangka melestarikan Pencak Silat sebagai warisan Nusantara,” kata anggota Korem 161 Wira Sakti, Johanis dalam rapat persiapan bersama ketua IPSI Kota Kupang, Adi Talli dan pengurus serta para pelatih dari masing – masing perguruan di ruang sidang DPRD Kota Kupang, Jumat (6/3/2020) petang.

Johanis memaparkan, bahwa dalam festival tersebut menghadirkan pesilat dari masing – masing perguruan untuk memperagakan kekayaan teknik Pencak Silat secara etis, efektif, estetis dan kesatria dengan tangan kosong atau menggunakan senjata dilengkapi dengan aksesoris dan diiringi musik.

Selain itu, lanjut Johanis dua pesilat dari perguruan yang sama memperagakan kekayaan teknik/ jurus serang bela Pencak Silat dengan tangan kosong atau menggunakan senjata dilengkapi dengan aksesoris dan diiringi musik. Dan juga penampilan pesilat secara kelompok dari masing – masing perguruan memperagakan teknik serang bela Pencak Silat baik dengan tangan kosong maupun senjata

Sementara Adi Talli yang didampingi Sekretaris Fahrudin Praso dan Ketua Harian Bugal Mauta mengatakan serta Karo Pembinaan Organisasi Mesa Nunuhitu mengatakan, bahwa di awal kepengurusan IPSI Kota Kupang mendapat kesempatan untuk memperkenalkan Pencak Silat sebagai budaya bangsa dalam Festival yang di selenggarakan Makorem 161 Wira Sakti Kupang.

” Kita mempersilahkan masing – masing perguruan untuk mengambil bagian dalam festival ini. Dan semua pengurus harus hadir dalam kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan tersebut,” katanya.

Talli menegaskan, bahwa IPSI Kota Kupang berkomitmen untuk memajukan silat di NTT dan Kota Kupang khususnya sebagai budaya bangsa.(m45)

Berikan Komentar Anda.