oleh

Koperasi Sebagai Sokoguru

Koperasi Sebagai Sokoguru

KUPANG, TN — Koperasi secara lembaga memiliki cita-cita dan ambisi yang besar sebagai pelaku ekonomi guna memperjuangkan koperasi menjadi sokoguru, sekaligus meningkatkan nilai gotong – royong. Koperasi juga perlu dipertahankan dalam asas kebersamaan.
” Indonesia adalah bangsa yg besar dan memiliki mimpi yg besar untuk memajukan pembangunan perekonomian masyarakat,” kata Ketua Umum Dekopin Pusat, Nurdin Hamid dalam seminar menyambut HUT Koparasi yang ke 68 di Hotel Aston Kupang, Sabtu (11/7/2015).
Dihadapan peserta seminar yang melibatkan berbagai lembaga pendidikan tinggi di Kupang serta pengurus Koperasi se NTT, Hamid, mengatakan, bahwa Dewan Koperasi menginginkan konsep dan visi-nya memiliki peran dalam memajukan ekonomi masyarakat.
” Indonesia adalah bangsa yang besar dan memiliki mimpi yang besar untuk memajukan pembangunan perekonomian masyarakat. Kami bermimpi Koperasi bisa masuk dalam pilar ekonomi negara. Koperasi sendiri pandang dari nilai dan sebagai suatu badan usaha,” katanya.
Pemateri lain, Thomas Ola Langodai menegaskan, koperasi adalah sebuah wadah untuk mensejahterakan rakyat NKRI.
” Koperasi adalah sokoguru ekonomi negara dan kedepan bakal menjadi Pilar Negara,” tegasnya.
Sementara, Norbertus Jegalus, menjelaskan, bahwa dengan kajian filosofi – ideologi koperasi mampu membangun karakter bangsa.
Menurut dia, ada dua pemikiran ekonomi politik pada abad 19 dan 20 adalah liberalisme dan sosialisme.
Dua idiologi tersebut, lanjut Jegalus berawal dari suatu filsafat yang menekankan induvidualitas dan filsafat yang mengutamakan kebersamaan atau kolektivitas.
Acara seminar tersebut diakhir dengan melounching buku koperasi pilar negara dan penandatangan MOU kerjasamanya.(K1)

Komentar