oleh

Ketua Umum KAI : Bocornya BAP Juliari adalah Kejahatan, KPK Harus Klarifikasi

Jakarta, teras-ntt.com — Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Kongres Advokasi Indonesia (DPD KAI) DKI Jakarta, MM. Ardy Mbalembout, S.H., M.H., CLA., menegaskan bahwa pembocoran Berita Acara Pemeriksaan (BAP) eks Menteri Sosial RI, Juliari Batubara yang menyebutkan HH diduga terlibat Korupsi Dana Bansos yang belum tentu benar isinya adalah sebuah Kejahatan. Oleh karena itu, KPK diminta segera mengklarifikasi terkait isu pembocoran BAP tersebut.

“Pembocoran BAP nya Ari Batubara yang menyebutkan HH terlibat Korupsi Dana Bansos yang belum tentu benar isi BAP seperti itu adalah sebuah kejahatan. Karena jika hal ini bisa terjadi dan bahkan sekarang sudah tersebar di media publik maka orang yang membocorkan dan pihak yang menyebarkan akan dapat dikenakan delik pidana yaitu delik yang diatur dalam KUHP jo UU ITE. Oleh karenanya, pihak KPK dalam hal ini ketua KPK Firli harus segera mengklarifikasinya tentang isu pembocoran BAP Ari Batubara. Dan juga pihak Kepolisian harus mengusut dugaan pidana pembocoran BAP ini. Selain itu, harus diketahui BAP ini sifatnya harus Convedensial karena sifatnya sudah Projistitia,”kata Ardy saat dikonfirmasi teras-ntt.com melalui WhatsApp (WA), Senin, (11/1/2021). 

Menurutnya, terlepas dari benar atau tidaknya keterlibatan HH, pada dasarnya cara-cara penegakan hukum dengan melanggar Hukum itu sendiri adalah melanggar Norma Hukum Asas Formal Hukum Acara. 

Komentar