Home Humaniora Ketua MUI NTT : Naibonat Akan Jadi Miniature Indonesia

Ketua MUI NTT : Naibonat Akan Jadi Miniature Indonesia

960
0
SHARE
Foto : Istimewa

OELAMASI, Terasntt.com – Pendirian kampong toleransi antar umat beragama di Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang merupakan miniature Indonesia yang menghargai keberagaman.

Hal itu dikemukakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nusa Tenggara Timur (NTT), Abdulkadir Makarim pada saat launching Kampung Toleransi Antar Umat beragama di lokasi Kampong Toleransi Naibonat Kupang, Selasa (26/7) petang.

Ia memberikan apresiasi dengan pendiriang empat rumah ibadat empat agama yakni Katolik, Protestan, Hindu dan Islam secara berdampingan di lokasi tersebut.

“Kerukunan merupakan hal yang terpenting dalam membangun NTT dan Indonesia,” ujar Makarim.

Makarim juga merasa bangga dengan gagasan pendirian Kampung Toleransi Naibonat Kupang yang digagas Anselmus G. Djogo dan mendapat dukungan seluruh pihak baik Pemkab Kupang, DPRD dan TNI AD.

“NTT merupakan Nusa yang Terindah Toleransinya. Kita sangat mengharapkan suasana kerukunan seperti ini tetap terjaga,” katanya.

Untuk diketahui, pendirian kampong Toleransi antar umat beragama di wilayah tersebut melalui prose yang cukup berkepanjangan yakni selama 39 tahun sejak tahun 1976 silam.
Di lokasi yang nantinya dibangun empat rumah ibaadah tersebut merupakan lokasi tranmigrasi bagi para purnawirawan TNI AD seluas 53 hektaare yang dihibahkan Pemerintah Kabupaten Kupang.
Dalam perjalanannya, lahan seluas itu yang ditempati 35 Kepala keluarga yang terdiri dari purnawirawan TNI AD masuk dalam inventaris kekayaan Negara.

Pasca masuknya lokasi itu kedalam inventarisir Negara, para purnawirawan yang menempati lokasi itu memperjuangkan untuk mengembalikan lahan tersebut ke pangkuan mereka.
Perjuangan mereka yang dimotori salah seorang putra purnawirawan TNI AD yang menjadi penggagas berdrinya Kampung Toleransi Naibonat Kupang, Anselmus G. Djogo mendapat titik terang di tahun 2015 lalu dengan dilakukan pengukuran batas-batas lokasi Transad Naibonat Kupang yang melibatkan Pemkab Kupang, BPN Kabupaten Kupang, TNI AD dan warga Transad.(bet/mas)

Berikan Komentar Anda.