oleh

Kemala Dukung Pemerintah Bangun Lembata

Foto bersama pengurus Kemala Lembata

Lewoleba, teras-ntt.com — Warga Lamaha yang berdomisili di seluruh wilayah Kabupaten Lembata dan terhimpun dalam forum silaturahmi Kemala Lembata mendukung pembangunan daerah itu. Forum yang terbentuk sejak 10 tahun silam terus mendukung Pemda Lembata untuk mewujudkan pembangunan sesuai visi dan misi kepala daerah.

Saat pelantikan pengurus baru periode 2020 – 2022 di Aula Ankara Kelurahan Selandoro, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Minggu(18/10/2020), Sekretaris Camat setempat, Mustan Boli menyampaikan proviciat atas terpilihnya kepengurusan baru Kemala Lembata periode 2020/2022.

” Harapan kami pemerintah kecamatan dan pemerintah daerah agar Kemala terus mendukung pemerintah dalam mewujudkan pembangunan di daerah. Sedikit tidaknya Kemala sudah memberikan kontribusi di Kabupaten Lembata di antaranya memberantas angka stunting dan juga upaya pencegahan virus Corona belum kita ketahui kapan akan berakhir, Forum ini adalah forum silaturahmi antar seluruh warga Lamahala yang ada di Kabupaten Lembata yang mana Kemala ini besar dan menyebar hampir di sembilan kecamatan yang ada. Ini merupakan kekuatan besar bagi Kemala dalam memberikan wujud dan roh kepada pemerintah untuk berperan aktif bersama pemerintah kabupaten Lembata,” katanya.

Menurut pengamatannya kata Mustan Kemala adalah organisasi yang agak beda dengan paguyuban lain yang ada di Lembata, di mana semua kalangan dan profesi ada di dalam tubuh Kemala dan ikhlas untuk berkarya di tanah Lepan Batan ini.

” Pemerintah Kabupaten Lembata lagi berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar jalur Feri Lewoleba – Marpokot yang mana warga Kemala juga bagian dari pelaku tani dalam bidang ekonomi pada sektor perikanan dan nelayan.

Mustan juga berharap Kemala bisa merebut pasar dalam sektor ekonomi yang ada di Kabupaten Lembata.

” Ada mimpi besar kami yang belum terwujud adalah menjadikan kota Lewoleba sebagai pusat kuliner dalam kota dan pusat gerakan ekonomi pada satu titik. Banyak hal yang bisa kita kerjasama dalam pengembangan lembaga pemberdayaan masyarakat bersama pemerintah Kecamatan Nubatukan,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama
ketua Kemala Lembata Umar Jailani mengatakan, bahwa Kemala Lembata sudah berjalan kurang lebih sepuluh tahun.

” Pada tempat dan kesempatan ini merupakan momentum yang sangat berharga dalam melaksanakan keputusan yang telah ditentukan menjadi pekerjaan berat bagi kita adalah bagaimana mana kita menghimpun dan merangkul. Ini hal yang sangat berat dalam menjalankan misi ini. Oleh karena itu saya butuh dukungan dari para tokoh orangtua dan para pengurus untuk menjalankan fungsi dan tugas saya sebagai ketua periode 2020/2022,” tandasnya.

Umar mengajak para sesepuh orangtua, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, cendikiawan untuk melakukan lompatan jauh dalam wujud “Taan Tou” untuk gelekat Lewotana Lembata tercinta.

Hal senada juga disampaikan sesepuh Kemala, Muhamad Haji Kede mengatakan, bahwa organisasi di jaman seperti ini sangat dibutuhkan apalagi Kemala secara struktural terbentuk dan dinilai sangat mampu dan potensial dalam sosial kemasyarakatan gelekat lewotana dalam pilar “TaanTou”.(m91).

Komentar

Berita Terbaru