Home Pariwisata Kemajuan Ekonomi Tergantung SDM dan Keterampilan

Kemajuan Ekonomi Tergantung SDM dan Keterampilan

727
0
SHARE

KUPANG, Terasntt.com — Kemajuan ekonomi Indonesia tergantung pada Sumber Daya Manusia (SDM) dan keterampilan agar bisa bersaing dan berkompetisi secara nasional maupun internasional. Untuk itu digelar Kupang Expo 2016 dan pameran produk unggulan Jawa Timur di Lippo Plaza Kupang, Kamis (8/12/2016).

” Kegiatan ini sebagai langkah strategis mendorong masyarakat meningkatkan SDM dan keterampilannya,”  kata Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli bidang pengembangan wilayah,  Herman Nai Ulu saat membuka
Kupang Tourism, Trade and Investmen Expo 2016 dan pameran Produk Unggulan Provinsi Jawa Timur di Lippo Plaza Kupang.

Menurutnya, pameran produk unggulan tersebut merupakan langkah strategis dalam memberikan kontrubusi, baik dalam hal penerimaan devisa, juga berdampak ekonomi bagi masyarakat di Provinsi ini.

Dihadapan para pengunjung, juga Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Provinsi Jawa Timur, Direktur Utama PT Aira Mitra Media, Direktur Lippo Plasa Kupang serta Perwakilan peserta Pemerintah Kabupaten Bekasi, Nai Ulu menjelaskan, bahwa perkembangan ekonomi Indonesia sangat tergantung pada kebutuhan pengembangan produk wisata dan Sumber Daya Manusia itu sendiri.

” Kemajuan ekonomi Indonesia sanga tergantung pada  pengembangan Sumber Daya Manusia dan ketrrampilan agar bisa berkompetisi dengan pesaing, baik dilevel nasional maupan internasional,” katanya.

Ia berharap agar kegiatan pameran harus dilajukan secara berkala, juga mengajak seluruh pemangkuh kepentingan untuk bekerja sama, berkomitmen dalam membangun produk unggulan, pariwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Timur.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan menjelaskan bahwa Provinsi Jawa Timur begitu bersemangat datang ke NTT karena pengiriman dan perdagangan barang dari Kupang ke Jawa Timur mencapai keuntungan Rp 1,8 Triliun.

” Kenapa kami sangat bersemangatt datang ke NTT, karena NTT adalah mitra unggulan Jawa Timur. Data BPS menyebut bahwa pengiriman barang dagang dari NTT ke Jatim menyentuh angka Rp 1,8 Triliun. Barang dagang dimaksud antara lain, Vanili, Cengkeh, Rumput Laut dan Ikan,” ujarnnya.

Sebaliknya, Irawan menyebut bahwa pengiriman barang dari Jawa Timur ke Kupang mencapai keuntungan Rp 3, 8 Triliun Rupiah.

” Sebaliknya, pengiriman barang dari Jatim ke Kupang menyentuh angka Rp 3,8 Triliun. Itu terdiri dari beras, pupuk, minyak goreng, tepung, bahan bangunan, pakaian dan permesinan,” katanya.

Untuk itu, Ia berharap agar Pengiriman barang seperti itu harus didorong terus dalam mewujudkan kesejateraan masyarakat.

Semetara, Direktur PT Aira Mitra Media, Nurhadi mengau, bahwa pameran ini komitmen dari PT Aira, untuk berperan dalam membantu Pemerintah  mewujudkan kesejateraan bersama.

” Pameran ini sebagai wujud dukungan kami kepada Pemerintah untuk mewujudkan kesejateraann masyatakat,” kata Nurhadi. (raf)

Berikan Komentar Anda.