oleh

Keluarga Bin Laden Diduga Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Jakarta, CNN Indonesia — Sebuah jet pribadi jatuh di selatan Inggris pada Jumat (31/7), menewaskan empat orang di dalamnya. Juru bicara polisi Hampshire, media Arab dan Inggris mengatakan bahwa penumpang tewas merupakan keluarga dari pemimpin al-Qaidah, Osama Bin Laden.

“Sayangnya, tidak ada yang selamat. Ada empat orang di dalam pesawat termasuk pilot,” kata juru bicara polisi Inggris, tanpa menyebutkan identitas mereka.

Tanpa mengkonfirmasi identitas para korban, Duta Besar Arab Saudi untuk Inggris, Pangeran Mohammed bin Nawaf Al Saud, menyampaikan belasungkawa pada akun resmi Twitter Kedutaan untuk keluarga bin Laden, klan terkemuka di Arab Saudi, dengan jaringan bisnis yang luas.

“Yang Mulia Pangeran Mohammed bin Nawaf bin Abdul Aziz, Duta Besar Penjaga Dua Masjid Suci untuk Inggris, menyampaikan belasungkawa kepada anak-anak almarhum Mohammed bin Laden dan kerabat mereka untuk insiden kecelakaan pesawat yang membawa anggota keluarga di bandara Balckbushe,” katanya lewat Twitter.

Kedutaan Saudi mengatakan pihaknya bekerja sama dengan pemerintah Inggris untuk menyelidiki insiden tersebut dan untuk memastikan percepatan penyerahan jasad untuk pemakaman dan penguburan di kerajaan.

Surat kabar al-Hayat milik Saudi, mengutip pernyataan Otoritas Jenderal Perhubungan Udara Saudi (GACA), mengatakan di situsnya bahwa pesawat Embraer Phenom 300 dengan tiga penumpang dan pilot jatuh saat lepas landas dari bandara Blackbushe.

Pernyataan itu tidak mengidentifikasi korban, namun beberapa media Arab mengindikasikan bahwa mereka adalah kerabat Osama bin Laden, yang ditembak mati pasukan AS di Pakistan pada 2011.

Laporan ini tidak segera bisa dikonfirmasi.

Media Inggris, termasuk situs Daily Mail, mengatakan, pesawat itu membawa keluarga Osama Bin Laden, dan bahwa pesawat terdaftar di Arab Saudi dan berasal dari Milan, Italia.

Media juga menyebutkan bahwa ibu tiri serta saudara perempuan bin Laden merupakan korban tewas dalam kecelakaan pesawat itu.

Juru bicara Kepolisian Hampshire mengatakan penyelidikan penyebab insiden tersebut sedang dilakukan. (stu)(CNN)

Komentar