oleh

Kasmirus Kolo; Sebaiknya Lasiana Dikelola Pihak Swasta

KUPANG, TN — Wakil Ketua Komisi V, DPRD NTT, Drs. Kasmirus Kolo,M.Si menilai pengelolaan Obyek Wisata Pantai Lasiana Kupang harus dirubah.
” Kita harus bisa merubah paradigma pengelolaan yang selama ini ditangani Pemerintah. Pemerintah hanya menyediakan anggaran, sementara pengelolaannya diserahkan kepada pihak swasta, baru bisa maksimal,” kata Kolo saat ditemui di Sekretariat DPRD NTT, Rabu (22/7/2015).
Kasmirus Kolo, mengatakan setiap tahun Pemerintah Propinsi selalu menganggarkan sejumlah dana untuk meningkatkan fasilitas pendukung bagi sejumlah obyek wisata di NTT termasuk Lasiana. Namun tidak fokus sehingga pengembangan obyek wisata yang ada berjalan ditempat.
” Beberapa tahun terakhir ini Pemerintah selalu mengalokasikan dana pembangunan fasilitas pendukung, namun tidak maksimal sehingga tak nampak perubahan. Kami sarankan sebaiknya obyek wisata Lasiana itu diserahkan kepada pihak swasta. Tinggal bangun kerja sama dan peran masing – masing, termasuk pembagian hasil,” ujarnya.
Menurut dia, Pemerintah Propinsi sudah memiliki rencana induk penataan obyek wisata, sehingga lebih mudah mengimplementasikan pada setiap daerah, hanya saja butuh sentuhan dan keseriusan dari masing – masing pihak.
” Sentuhan – sentuhan terhadap berbagai jenis obyek dan daya pikat sesuai nilainya menjadi faktor penentu. Apa keunggulan dari masing – masing obyek, ini soal sentuhan dan rekayasa. Lasiana itu kalau direkayasa dan dikelola dengam baik bisa jadi Ancolnya NTT,” tega Kolo.
Sebelumnya diberitakan, Kondisi obyek wisata Pantai Lasiana, milik Pemerintah Porpinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memrihatinkan. Semua fasilitas pendukung rusak dan kondisinya sangat memrihatinkan.
Pantauan Teras NTT, Selasa (22/7/2015) mulai dari jalan masuk yang berlubang, lopo – lopo dan fasilitas lain yang disediakan di lokasi obyek wisata itu tidak terawat hingga rusak termakan usia.(mas)

Komentar