oleh

Karang Taruna Desa Wailolong Sosialisasi Protokol Kesehatan

Sosialisasi protokol kesehatan 

Lewoleba, teras-ntt.com– Memasuki fase tatanan kehidupan baru atau new normal, Karang Taruna Desa Wailolong Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata melakukna sosialisasi tentang Protokol New Normal Desa, Selasa (4/8/2020).

Kepala Desa Wailolong, Mahmudin Jufri mengatakan, bahwa ada aturan yang mengatur masyarakat pada masa Pandemi Covid-19 ini yakni, UU No. 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular.

” Jadi sebelum adanya Corona Ini UU itu sudah ada, dengan tujuan untuk melindungi masyarakat dari mala petaka yang di timbulkan oleh wabah itu sendiri dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat,” tandasnya.

Masyarakat Desa Wailolong diminta untuk tetap waspada dan tidak panik dalam menghadapi masa pandemi yang menuju era New Normal saat ini, dengan selalu mengikuti protokol kesehatan.

Lebih jauh lagi Jufri mengatakan di sana ada upaya penanggulangannya untuk wabah yang menular, yang mana ada pendidikan Etimiologis, pemeriksaan, pengobatan, perawatan dan Isolasi termasuk tindakan karantina.

Ia juga menjelaskan tentang UU terbaru No. 6 Tahun 2014 tentang karantina Kesehatan dengan tujuan yang sama dengan ketentuan pidananya.

“ Di era New Normal ini, kita Desa Wailolong akan menghadapi Face New Normal atau Kebiasaan Hidup Baru masa pandemi Covid-19, dengan syarat masyarakat selalu patuh dalam mengikuti aturan pemerintah, terutama selalu mengikuti protokol kesehatan dan setia dengan tiga hal kebiasaan baru yaitu, Selalu menggunakan masker. Mencuci tangan pakai sabun danJaga jarak,” jelas Kades Wailolong dihadapan masyarakat peserta sosialisasi.

Sosialisasi Protokol Face New Normal Desa tersebut, juga dihadiri oleh Ketua BPD bersama anggota serta masyarakat, Bidan Desa, Tokoh Pendidikan serta Ketua Karang Taruna dan seluruh stecholder di wilayah Desa Wailolong.

Lebih lanjut, Mahmudin Jufri, mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. “ saya sangat mengapresiasi kepada Karang Taruna Desa dan saya berharap kegiatan sosialisasi Protokol New Normal Desa semacam ini, bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain di seluruh Kecamatan Omesuei,” katanya.

Jufri juga berharap, di era New Normal ini bisa merubah keadaan seluruh masyarakat Desa Wailolong khususnya, dan masyarakat seluruh Kecamatan Omesuri pada umumnya agar bisa melakukan aktivitas normal kembali.

“ Semoga masyarakat khususnya Desa Wailolong dan Kecamatan Omesuri serta Kabupaten Lembata pada umumnya, tetap berada di wilayah zona hijau di era New Normal ini agar bisa beraktivitas seperti sedia kala,” harap Jufri.

Sosialisasi protokol kesehatan

Sementara salah seorang pemateri Idham Kamaludin Paokuma kepada wartawan mengatakan, bahwa dalam masa Pandemi Covid -19 ini Kebijakan Pemerintah Kabupaten Lembata dalam hal ini Dinas PKO untuk belajar dengan konsep Daring dan Offline.

” Tinggal teknisnya bagaimana, dan guru yang mengatur agar tidak ada kontak fisik, kerumunan, sehingga Siswa tetap belajar seperti biasanya,” ujar Idham.(van).

Komentar

Berita Terbaru