by

Kampanye, “ANTERO” Gunakan Kantor Desa dan Libatkan Pejabat Pemda Flotim

ADONARA, Terasntt.com – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati  Flores Timur Anton Doni Dihen – Theodorus Wungubelen yang dikenal dengan paket “ANTERO” menggunakan Kantor Desa Hinga, Kecamatan Kelubagolit untuk berkampanye. Dalam kampanye ini juga melibatkan pejabat Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Flores Timur, Sabtu (31/12/2016).

Demikian disampaikan oleh Kepala Dusun 2 Bao Puken, Desa Hinga, Samson Samon Mebe dan dibenarkan oleh Kepala Desa Hinga Andreas Suban Raya ketika dihubungi secara terpisah  Terasntt.com, Kamis (5/1/2016) petang.

” Kami sebagai warga yang sedang mengikuti kegiatan tutup tahun 2016 di Kantor Desa Hinga kaget, ketika Ketua BPD Desa Horinara, Qadar Jafar yang notabenenya merupakan warga desa lain mengambil mic dan mengajak masyarakat untuk mendukung Pasangan calon Bupati – Wakil Bupati Flores Timur Nomor urut 4,” papar Samon Mebe

Informasi tersebut diakui Andreas Suban Raya dan menjelaskan, bahwa ketika itu Pemerintah Desa Hinga sedang menyelenggarakan kegiatan tutup tahun 2016 bersama masyarakat setempat di kantor desa, tiba-tiba calon Bupati Anton Doni Dihen beserta rombongan datang dan langsung berkampanye di hadapan masyarakat.

” Kegiatan kampanye terselubung tersebut sama sekali tidak masuk dalam rangkaian acara tutup tahun Desa Hinga, dan tidak dibenarkan menggunakan fasilitas kantor desa. Sehingga sebagian besar masyarakat pergi meninggalkan tempat itu,” jelas Suban Raya

Informasi lain  yang diperoleh, bahwa dalam kegiatan tersebut turut hadir salah satu  kepala Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD) pada lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Flores TImur dan salah satu Camat di Pulau Adonara.

Perlu diketahui penggunaaan fasilitas pemerintah untuk kampanye dan melibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kegiatan kampanye sama sekali tidak dibenarkan oleh UU No. 1/2015 tentang Pemilihan Gubernur, Walikota dan Bupati, yang telah diubah untuk kedua kalinya dengan UU No. 10/2016. (raf)

Comment

Berita Terbaru