oleh

Kadis Sosnakertrans Belu Siap Diperiksa, Terkait Kasus 125 TKI

KUPANG, Terasntt.com — Tertangkapnya 125 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Belu oleh aparat keamanan di Kupang beberapa hari lalu membuat Kadis Sosial Nekertrans (Sosnekertrans),
Arnold Bria Seo radang. Pasalnya dokumen para TKI ini lengkap dan dilepasnya secara resmi untuk bekerja di Kalimantan Barat.
” Saya siap memberikan keterangan kalau memang dipanggi dan periksa,’’kata Seo di ruang kerjanya, Sabtu (29/08/2015).
Bria Seo mengatakan, bahwa ke 125 TKI yang diberangkatkan ke Kalimantan Barat sudah sesuai prosedur, mereka sudah melengkapi semua berkas dokumen yang diperlukan, seperti izin persetujuan dari istri atau suami. Dan berdasarkan KTP mereka sudah bisa bekerja dan juga surat keterangan sehat dari dokter,” katanya.
Selain pekerja, lanjut Seo ada juga pengikut sebanyak dua puluh lima orang.
Seo menegaskan, bahwa tenaga kerja yang kita berangkatkan dan sempat ditahan di Kupang, sudah kita pulangkan ke rumah masing – masing.
” Saya bersama staf sudah antar mereka. Saya tidak tahu masalahnya apa sampai mereka ditahan. Informasi yang saya terima, bahwa dalam perjalanan menuju Kupang ada beberapa penumpang umum menumpan dalam mobil yang sama, lalu ditahan semua yang ada di dalam. Harusnya yang ditahan itu mereka yang tidak ada dokumen,” tegasnya.
Seo mengatakan, bahwa dengan adanya kasus tersebut pihaknya akan membenahi sistim.
” Mereka yang akan diberangkatkan akan didampingi salah satu staf dari kantor, selain itu kita akan menggunakan pengawalan dari pihak kepolisian ucapnya,” katanya.
Untuk diketahui sebanyak 125 TKI asal Kabupaten Belu hendak diberangkatkan ke Kalimantan Barat pada hari Kamis, 27 Agustus 2015. Dalam perjalanan mereka diamankan aparat Korem 161 wirasakti kupang saat tiba di bimoku Kota Kupang.(Ino)

Komentar