Home Daerah Kades Kaeneno Wajibkan Penerima PKH Tanam Pisang

Kades Kaeneno Wajibkan Penerima PKH Tanam Pisang

672
0
SHARE

Penerima PKH  Desa Kaeneno wajib  tanam pisang ( foto istw)

Soe, terasntt.com — Program penghijauan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mendapat respon positif dari berbagai pihak. Kepala desa (Kades) Kaeneno, Kecamatan Fautmolo Gusty Fallo misalnya, mewajibkan penerima dana Program Keluarga Harapan (PKH) menanam pisang secara kolektif pada lahan yang disiapkan desa.

Selain menanam pisang, saat musim hujan masyarakat juga menanam jagung dan ubi untuk jangka pendek.

Demikian disampaikan Gusty Fallo kepada terasntt.com di Soe, Rabu (15/1/2020).

Fallo mengatakan pihaknya bersama pendamping PKH dan masyarakat penerima program berkomitmen untuk menanam 200 anakan pisang pada kebun kolektif desa seluas 2 Ha yang sudah siapkan pemerintah desa.

” Saya bersama pendamping dan masyarakat penerima PKH bersepakat menanam pisang selain untuk penghijauan juga karena tanaman pisang bernilai ekonomis dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Ini juga bentuk tindak lanjut edaran pemerintah Kapuparen dalam rangka penghijauan,” ujar Fallo.

Ketika ditanya kenapa harus penerima program PKH yang diwajibkan menanam, ia mengatakan agar mereka termotivasi untuk melakukan hal yang sama pada kebun milik mereka dan jangan terlena dengan bantuan tersebut.

Menurut sang kades muda, ini merupakan kerja sama pendamping dan pemerintah desa untuk memberikan contoh bagaimana memanfaatkan hujan lewat tanaman pisang.

Sementara itu pendamping PKH Frits Liunokas S.KM mengaku hal ini dilakukan untuk memotivasi masyarakat agar mampu memanfaatkan curah hujan yang ada pada kebun kolektif desa sekaligus menjadi contoh bagi seluruh masyarakat desa Kaeneno.(sys)

Berikan Komentar Anda.