oleh

Jokowi akan Bahas Soal OPEC di Arab Saudi

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo diketahui akan melakukan kunjungan kerja ke Timur Tengah, salah satu negara yang akan dikunjungi adalah Arab Saudi. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Kamis (10/9).

Darmin mengatakan kunjungan Jokowi ke Arab juga akan bertemu dengan pemerintah serta pengusaha Arab untuk membahas kerjasama ekonomi yang akan dijalin oleh Indonesia dengan negara-negara Timur Tengah.

Kembali diterimanya Indonesia dalam keanggotaan tetap organisasi eksportir minyak dunia (OPEC) juga akan menjadi topik kunjungan Jokowi ke negara minyak itu. Namun Darmin enggan menjelaskan detil kerjasama Indonesia dengan OPEC karena merasa itu bukan ranah tugasnya. “Ini lebih banyak membahas soal hubungan ekonomi, tapi kalau soal OPEC saya tidak merasa kompeten menjawabnya,” ucap Darmin.

Seperti diketahui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku telah mengantongi surat persetujuan dari Sekretaris Jenderal Organization of The Petroleum Exporting Countries (OPEC) untuk anggota penuh dari organisasi negara-negara pengekspor minyak dunia itu.

Sudirman menjelaskan, secara resmi Indonesia akan dikukuhkan sebagai anggota tetap OPEC pada sidang yang akan digelar dalam waktu dekat. Dengan putusan ini, artinya status suspend yang menempel pada Indonesia sejak 2009 silam akan terlepas.(CNN)

Komentar