oleh

Jet Tempur F-16 dan T-50 Akan Beraksi di HUT TNI

Jakarta, CNN Indonesia — TNI Angkatan Udara akan menurunkan sejumlah pesawat tempur untuk memeriahkan peringatan hari ulang tahun ke-70 Tentara Nasional Indonesia yang akan digelar 5 Oktober di Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten, Jawa Barat.
Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna mengatakan dua pesawat tempur yang sudah pasti bakal diturunkan pada acara tersebut adalah F-16 Fighting Falcon dan T-50 Super Eagle.
“F-16 dan T50 akan kami gunakan semua,” ujar Agus di Jakarta, Minggu (27/9).
akan diturunkan pada HUT TNI pekan depan sesungguhnya tak jauh beda dengan deretan pesawat tempur yang terlibat dalam gelar pasukan dan demonstrasi kemampuan pada HUT TNI tahun lalu.
Ketika itu TNI AU menurunkan F-16 yang dimiliki Skuadron 16 yang bermarkas di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, serta Hawk MK-53 dan T-50 Golden Eagle milik Skuadron 15 di Lanud Iswayudi, Madiun.
Agus mengatakan, para penerbang TNI AU akan mendemontrasikan skema pertempuran udara di atas Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten.
“Untuk menunjukkan operasi udara, pertempuran akan kami turunkan ke bawah. Sebenarnya kan di udara, jauh di ketinggian, tapi nanti kami akan simulasikan di bawah bagaimana penghancuran sasaran,” ucapnya.
Menyambut HUT TNI tersebut, Presiden Jokowi telah menyampaikan kesediaannya untuk menjadi inspektur upacara.(CNN)

Komentar