oleh

Jaksa Tahan Sekretaris KPU TTS

SOE, Terasntt.com — Soleman Kabu Sekretaris KPU TTS dan Bendahara, Adel Bana tersangka kasus korupsi dana Pilkada Kabupaten TTS tahun 2013, lalu ditahan penyidik Kejaksaan Negeri SoE pada Selasa (25/8/2015). Kedua tersangka dibawa ke Rumah Tahanan (Rutan) SoE sekitar pukul 17.10 setelah menjalani pemeriksaan selama 6 jam sejak pukul 10.00 wita.
Kajari SoE, Oscar Douglas Riwu,SH, melalui Kasie Pidsus Raden Arry Verdiana,SH menjelaskan, bahwa berdasarkan perhitungan penyidik Kejaksaan kerugian negera berkisar 1 miliar lebih dari total anggaran Pilkada yang tertera dalam ABPD dan DPA.
“Menurut perhitungan kami kerugian negara berkisar 1 miliar lebih,” kata Arry.
Namun demikian, lanjut dia perhitungan tersebut hanya sebagai pembanding dan tetap menunggu hasil perhitunga lembaga yang ditunjuk oleh UU yang akan dipakai dalam penyelesaian kasus tersebut.
“Kita tetap menggunakan hasil perhitungan BPKP dan itu yang akan kita pakai sebagai rujukan,” katanya.
Sementara alasan penahanan, lanjut Arry agar tidak menghilangkan barang bukti, tidak melarikan diri dan tidak mengulangi perbuatan.
Dalam pemeriksaan itu kedua tersangka didampingi pengacaranya, Soleman didampingi penasihat hukumnya Herry Battileo,SH da Bana Simon Tunmuni,SH.
Pantauan Terasntt, sebelum dibawa ke Rutan Oetimu-SoE tersangka Bana menuju Jaksa Penyidik Khausul Fuad,SH dan meneteskan air mata.
Adel Bana masih sempat bertemu dengan suami dan bapak kandungnya yang menghantar di menuju mobil operasional Jaksa.
Sementara Soleman Kabu hanya didampingi pengacaranya, istri dan keluarga tidak menampakan batang hidung mereka.(K2)

Komentar